SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Pilkada 2017 di Kota Salatiga memberi kesempatan bagi calon independen untuk maju sebagai calon wali kota (cawali).

Semerangpos.com, SALATIGA – Komite Pemilihan Umum (KPU) Salatiga memberikan keputusan baru terkait persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon wali kota (cawali) maupun calon wakil wali kota (cawawali) yang akan maju sebagai calon independen melalui jalur perseorangan pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kota Salatiga 2017.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jika sebelumnya, calon independen itu diharuskan mengumpulkan pernyataan jumlah dukungan minimal sebanyak 13.000 lembar, kini KPU Kota Salatiga menetapkan jumlah minimal pernyataan dukungan itu hanyalah 12.992 lembar. “Dari hasil rapat pleno yang diikuti kelima anggota KPU Salatiga, Minggu [22/5/2016] menetapkan bahwa 12.992 merupakan jumlah minimal yang diperlukan bagi bakal pasangan calon perseorangan untuk bisa mengikuti Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga yang akan digelar pada Pilkada Salatiga, 15 Februari mendatang,” ujar anggota Divisi Sosialisasi KPU Salatiga, Suyit Mujiono, saat dijumpai Semarangpos.com di Kantor KPU Salatiga, Argomulyo, Salatiga, Senin (23/5/2016).

Suyit menambahkan angka itu diperoleh dari 10% jumlah pemilih tetap pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden di Kota Salatiga tahun 2014 lalu. Saat itu, jumlah pemilih mencapai 129.911 orang sehingga menghasilkan angka 12.991,1 dan dibulatkan menjadi 12.992.

Untuk bisa maju sebagai pasangan calon (paslon) dari jalur independen itu, balon harus bisa memenuhi jumlah pendukung minimal itu yang penyebarannya minimal di tiga dari empat kecamatan yang ada di Salatiga. “Jumlah dukungan itu harus dikumpulkan pada 6-10 Agustus mendatang. Setelah itu calon itu baru bisa melakukan pendaftaran yang akan kami buka medio September mendatang,” anggota Divisi Hukum, Pengawasan, Pencalonan dan Kampanye KPU Salatiga, Suryanto.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya