SOLOPOS.COM - Ilustrasi penghitungan suara hasil pemilu (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Pilkada 2017 diyakini KPU Jateng mencatatkan peningkatan angka partisipasi pemilih.

Semarangpos.com, SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah (KPU Jateng), Kamis (16/2/2017), mengumbar keyakinan partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017 di tujuh kabupaten/kota Jateng mengalami peningkatan.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

“Kami optimistis partisipasi pemilih pilkada tahun ini meningkat, bahkan melampaui target yang telah ditetapkan secara nasional, yakni 77,05%,” kata Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara di Semarang.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengungkapkan bahwa angka partisipasi pemilih pada Pilkada 2015 terbilang rendah, yakni hanya 68%, sedangkan yang tidak hadir tercatat 32% dari jumlah total daftar pemilih tetap (DPT). Namun, diyakininya, pada Pilkada 2017 kondisi itu tidak akan terulang.

Demi mendongkrak angka partisipatif masyarakat mengikuti Pilkada 2017, jajaran KPU Jateng bersama KPU-KPU kabupaten dan kota di Jateng menggiatkan sosialisasi mengenai pentingnya memilih pada pilkada di daerah masing-masing. “Insya Allah, partisipasi pemilih pada pilkada serentak tahun ini melampui target atau di atas 70%,” ujarnya.

Kendati demikian, Joko mengaku belum dapat memastikan jumlah partisipasi pemilih Pilkada 2017 yang pemungutan suaranya dilaksanakan serentak di tujuh kabupaten dan kota. Rabu (15/2/2017) lalu. Kepastian itu, menurut dia masih menunggu hasil rapat pleno rekapitulasi perolehan suara yang dilakukan KPU kabupaten dan kota.

“Tahapan rekapitulasi tingkat kabupaten-kota dilakukan 22-24 Februari 2017, jika ada pihak yang merasa keberatan diberikan waktu selama tiga hari dihitung mulai digelarnya rapat pleno di KPU,” katanya. Selama tiga hari itu, kata dia, KPU akan menunggu apakah ada gugatan dan jika tidak makan akan ditetapkan.

Joko sempat kembali mengimbau masyarakat untuk sabar menunggu hasil penghitungan resmi terkait pelaksanaan Pilkada 2017. Kepastian penghitungan suara dan jumlah partisipasi pemilih Pilkada Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes kelak bisa dilihat pada website https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya