PILKADA 2017 : KPU Jateng Siapkan Logistik Pakai E-Katalog
Ilustrasi pemungutan suara pemilihan umum. (JIBI/Bisnis.com/Dok.)

Pilkada 2017 disongsong KPU Jateng dengan melaksanakan pengadaan logistik pemilu.

Solopos.com, SEMARANG — Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) mulai melakukan pengadaan logistik pemilu melalui katalog elektronik (e-katalog) untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017 di tujuh kabupaten/kota.

"Untuk pengadaan logistik pilkada, KPU secara nasional sudah ada e-katalog, tapi saat ini baru tiga, yakni surat suara, hologram, dan tinta," kata Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo di Semarang, Kamis (22/12/2016).

Menurut dia, pengadaan logistik pilkada dengan e-katalog sangat membantu jajaran KPU di kabupaten dan kota. "[KPU] tinggal belanja dan membuat kontrak dengan perusahaan, itu semua resmi melalui mekanisme tender secara nasional," ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Joko di sela-sela Rapat Koordinasi Persiapan Pemungutan, Penghitungan, dan Rekapitulasi Pilkada 2017. Pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di KPU secara bertahap akan diubah dari sebelumnya konvensional menjadi secara katalog elektronik atau e-katalog.

E-katalog ini untuk mempermudah proses pengadaan logistik untuk kebutuhan pemilu dan pilkada. Manfaat e-katalog antara lain dapat mengurangi biaya proses pengadaan, tidak perlu lagi menyusun harga perkiraan sendiri, mengurangi risiko kegagalan lelang, terstandarnya spesifikasi teknis barang/jasa, mengurangi risiko hukum, dan memberikan rasa aman terhadap pengelola pengadaan sehingga pengadaan barang/jasa menjadi efektif, efisien, serta akuntabel.

Komisioner KPU Jateng Wahyu Setiawan menjamin pendistribusian logistik pilkada tepat waktu di tujuh kabupaten dan kota yang akan menggelar Pilkada 2017. "Kami sudah memetakan daerah-daerah pelosok dan daerah yang rawan bencana guna menjamin ketersediaan dan keutuhan logistik Pilkada 2017," katanya.

Menurut dia, antisipasi terganggunya pendistribusian logistik pemilu di wilayah rawan bencana juga sudah dikoordinasikan dengan penyelenggara di tiap kabupaten dan kota. Logistik pilkada yang akan didistribusikan ke 13.843 TPS di tujuh kabupaten dan kota itu adalah kotak suara, alat tulis, alat pencoblos, bilik suara, dan dokumen lainnya.

Tujuh daerah di Jawa Tengah yang akan menggelar pilkada yang pemungutan suaranya dijadwalkan serentak pada 15 Februari 2017 itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom