SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas pegawai KPU menyiapkan logistik pemilu (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada 2017 dijamin KPU Jateng bakal terdistribusikan logistiknya tepat waktu.

Semarangpos.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) menjamin pendistribusian logistik Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017 ke tujuh kabupaten dan kota penyelenggara pemilu lokal itu bakal tepat waktu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami sudah memetakan daerah-daerah pelosok dan daerah yang rawan bencana guna menjamin ketersediaan dan keutuhan logistik pilkada 2017,” kata Komisioner KPU Jawa Tengah Wahyu Setiawan di Semarang, Minggu (27/11/2017).

Menurut dia, antisipasi terganggunya pendistribusian logistik pilkada di wilayah rawan bencana juga sudah dikoordinasikan dengan penyelenggara di tiap kabupaten dan kota penyelenggara Pilkada 2017 di Jateng. “Artinya, jika ada kejadian bencana, logistik pilkada bisa tetap sampai dengan tepat H-1 di tempat pemungutan suara [TPS],” ujarnya.

Wahyu mengklaim antisipasi terjadinya gangguan distribusi logistik pemilu akibat berbagai faktor, telah dilakukan dengan matang dan melibatkan pihak terkait. “Di wilayah banjir, TPS disiapkan sedemikian rupa agar tidak ditempatkan di titik yang tergenang sehingga masyarakat nyaman untuk mencoblos, bahkan musim hujan juga diantisipasi jangan sampai ada surat suara rusak karena air,” tuturnya.

Logistik pemilu yang akan didistribusikan ke 13.843 TPS di tujuh kabupaten dan kota penyelenggara Pemilu 2017 di Jateng itu adalah kotak suara, alat tulis, alat pencoblos, bilik suara, dan dokumen lainnya. Ketujuh daerah di Jawa Tengah yang akan menggelar pilkada serentak pada 15 Februari 2017 itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes.

Sebelumnya, Ketua Komisi A DPRD Jawa Tengah Masruhan Samsurie meminta jajaran KPU memperhatikan berbagai kebutuhan logistik pilkada di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Menurut dia, permasalahan transportasi yang bergantung pada cuaca itu membuat Kepulauan Karimunjawa termasuk salah satu daerah di Provinsi Jateng yang sulit dijangkau untuk distribusi logistik pilkada.

“Logistik pilkada di Kepulauan Karimunjawa selama ini sering terkendala masalah distribusi akibat faktor cuaca sehingga harus diantisipasi oleh KPU Jepara,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya