SOLOPOS.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga, Putnawati. (Facebook.com-Putnawati Puput)

Pilkada 2017 di Kota Salatiga diakui KPU setempat dimenangi Yulianto-Haris untuk versi real count yang didasarkan pada penghitungan suara di form C1.

Logo Ganesa, maskot Pilkada Kota Salatiga 2017. (kpu-salatiga.go.id)

Logo Ganesa, maskot Pilkada Kota Salatiga 2017. (kpu-salatiga.go.id)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Semarangpos.com, SEMARANG — Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Yulianto-Muh. Haris diakui Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat sebagai peserta dengan suara terbanyak dalam Pilkada 2017 berdasarkan real count yang dilakukan berdasarkan form C1.

“Kalau berdasarkan real count pemenang sementara pasangan nomor 2,” tegas Ketua KPU Salatiga Putnawati di Semarang, Sabtu (18/2/2017).

Yulianto-Haris (Yaris) meraih 50,52% suara, sementara pasangan nomor 1, Agus Rudianto-Dance Ishak Palit (Rudal) meraih 49,48%. Adapun tingkat partisipasi pemilih dalam pemungutan suara Rabu (15/2/2017), berdasarkan catatan hasil penghitungan suara yang tertuang di form c1 lalu mencapai 108.398 orang.

Penghitungan real count yang didasarkan atas pemindaian salinan formulir C1 tersebut, kata dia, telah selesai 100%. Meski telah diketahui perhitungan sementara Pilkada 2017, kata dia, hasil tersebut bukanlah hasil final penentu kemenangan.

Menurut dia, penentuan pemenang pilkada ditentukan berdasarkan verifikasi di tingkat kecamatan dan KPU. Ia mengungkapkan berdasarkan penghitungan yang dilakukan di tingkat PPK diperkirakan ada perbedaan dengan penghitungan versi real count.

Real count kan hasil langsung dari TPS, ketika diverifikasi di tingkat PPK ternyata ada perubahan, misalnya karena kesalahan penghitungan,” katanya.

Namun, Putnawati belum bisa mengungkapkan seberapa besar perbedaan penghitungan itu. Ia meminta masyarakat Salatiga menunggu hasil akhir penghitungan yang akan diverifikasi KPU, Rabu (22/2/2017) mendatang.

Pilkada Kota Salatiga diikuti dua pasangan calon. Pasangan nomor 1 Agus Rudianto-Dance Ishak Palit didukung koaliasi PDI Perjuangan dan PKB. Sementara pasangan nomor 2 Yulianto-Muh. Haris didukung gabungan Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerindra, Partai Gokar, Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Sebanyak 129.930 jiwa penduduk Kota Salatiga yang terdaftar dalam DPT memberikan suara mereka melalui 386 TPS yang tersebar di berbagai wilayah untuk Pilkada Salatiga 2017.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya