SOLOPOS.COM - Video kerusuhan konvoi kampanye Sleman. (Istimewa)

Pilkada 2017 diimbau tetap  mengutamakan ketertiban masyarakat

Harianjogja.com, SLEMAN — Untuk mengantisipasi kejadian gangguan ketertiban bagi masyarakat, Polda DIY sudah menyiapkan anggota untuk giat Pam pengamanan kegiatan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2017 di dua daerah yakni Jogja dan Kulonprogo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

(Baca Juga : PILKADA 2017 : Polda DIY Siapkan Anggota Untuk Pengamanan)

Kapolda DIY Brigjen Pol Prasta Wahyu Hidayat, mengatakan penindakan untuk pelanggar aturan mulai dari penilangan atau penyitaan kendaraan jika memang perlu dilakukan. Para petugas juga akan melakukan razia untuk para peserta konvoi yang membawa atribut atau alat peraga yang tidak sesuai.

Prasta menegaskan pihaknya sudah memberi arahan agar Pilkada 2017 mendatang dengan kampanya ideologis. Ia mengatakan saat ini kampanye dengan mengerahkan masa sudah bukan eranya lagi. Pasalnya, peserta konvoi tersebut belum tentu ikut andil dalam perolehan suara atau sebagai tim pemenangan saat pilkada berlangsung.

“Jadi lebih baik kampanye dari diri sendiri saja. Lihat apa rencana program yang akan dilakukan calon kedepan, jika memang sesuai ya pilih. Tidak perlu kampanye-kampanye yang mengganggu aktivitas perjalanan orang lain,” katanya, Minggu (25/9/2016)

Sementara itu dalam pengamanan anggota yang telah disiapkan antara lain pengamanan pendistribusian kotak suara dan surat suara, pengamanan di lokasi pilkada, dan pengamanan khusus untuk calon bupati dan walikota. Namun demikian yang terpenting adalah pengamanan di jalan di beberapa lokasi rawan adanya konvoi.

“Beberapa titik sudah kami petakan dalam pengamanan pilkada nanti. Semoga semua dapat berjalan lancar dan aman terkendali,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya