SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelantikan kepala daerah (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada 2017 di Jateng bakal berlanjut dengan pelantikan bertahap para kepala daerah terpilih.

Semarangpos.com, SEMARANG —  Para kepala daerah terpilih hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017 di tujuh kabupaten dan kota Jawa Tengah (Jateng) akan dilantik secara bertahap. Kepastian mekanisme pelantikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo itu diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

“Pelantikan kepala daerah terpilih tahap pertama dilakukan Mei 2017 karena masa jabatan masing-masing kepala daerah sudah habis dan saat ini posisinya diisi penjabat bupati/wali kota yang telah ditunjuk sebelumnya,” kata Sri Puryono di Semarang, Jumat (12/5/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menjelaskan empat dari tujuh pasangan kepala daerah terpilih yang akan dilantik pada 22 Mei 2017 adalah bupat dan wakil bupati Batang, Jepara, Banjarnegara, dan walikota serta wakil wali kota  Salatiga, sedangkan kepala daerah terpilih di Kabupaten Pati, Brebes, dan Cilacap akan dilantik pada November atau Desember 2017.

Menurut dia, pelantikan kepala daerah terpilih yang terbagi menjadi dua tahapan itu sesuai dengan petunjuk surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri. “Surat dari Kemendagri baru saja kami terima, dan belum ada keputusan resmi,” ujarnya.

Sekda mengaku menunggu arahan dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terkait dengan lokasi dan bentuk pelantikan para kepala daerah terpilih hasil pilkada serentak. Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang ditemui terpisah, berpendapat bahwa pelantikan kepala daerah terpilih dapat dilakukan secara bersamaan karena persoalan hukum sudah selesai dan keputusannya sudah tetap.

Tujuh daerah di Provinsi Jawa Tengah yang telah menggelar pilkada serentak pada 15 Februari 2017 itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya