SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengungkapan kasus penyalahgunaan narkoba. (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Pilkada 2017 bakal dibebaskan dari calon kepala daerah yang tersangkut narkoba.

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah akan melakukan tes urine para calon kepala daerah yang akan bertarung dalam Pilkada 2017 untuk memastikan mereka bersih dari narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba).

Promosi Keren! BRI Raih Enam Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

“Kami sudah berkoordinasi dengan KPU untuk kewajiban tes urine ini,” kata Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Brigjen Pol. Tri Agus Heru Prasetyo di Semarang, Senin (19/9/2016).

Masing-masing KPU kabupaten/kota yang wilahyanyah akan menggelar Pilkada 2017, kata dia, juga telah berkoordinasi dengan BNN setempat. Pengecekan itu, lanjut dia, akan berbarengan dengan serangkaian kegiatan pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah yang akan maju dalam pilkada.

Menurut dia, hasil pengecekan bersih narkotika ini akan menjadi salah satu syarat dalam pendaftaran calon peserta pilkada. “Sudah komitmen, kalau ternyata positif tidak akan lanjut,” katanya.

Ia menuturkan untuk sementara ini pemeriksaan dilakukan dengan tes urine. Tujuh daerah di Jawa Tengah akan menggelar Pilkada 2017, yakni Kabupaten Jepara, Pati, Banjarnegara, Batang, Cilacap, Brebes, dan Kota Salatiga.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya