SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara pemilihan umum (JIBI/Solopos/Antara/Izaac Mulyawan)

Pilkada 2015 sejak awal diduga PDIP memunculkan Koalisi Besar untuk rebut wali kota Semarang.

Kanalsemarang.com, SEMARANG — Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Semarang menyatakan kesiapannya menghadapi koalisi besar pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015 untuk menentukan wali kota dan wakil wali Kota Semarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Apabila memang terjadi koalisi besar, kami sudah memperhitungkan sejak awal,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Kota Semarang Supriyadi di Semarang, Minggu (5/7/2015) malam.

Hal itu diungkapkannya menanggapi delapan partai politik (parpol) di Kota Semarang yang menggagas untuk membangun koalisi besar menghadapi PDI Perjuangan pada Pilwakot Semarang 2015. Kedelapan parpol itu adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Golkar, Demokrat, Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Nasdem, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Supriyadi menegaskan PDI Perjuangan harus siap dengan kondisi apapun dengan rekomendasi calon yang diusung pada Pilwakot Semarang 2015 yang sudah turun jauh-jauh hari dibanding parpol lain. “Berarti, kami lebih siap dari mereka. Sebab, sampai saat ini pun, mereka [partpol-parpol lain] belum ada kepastian calon yang akan diusung,” kata Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang itu.

Ia mengatakan PDI Perjuangan sudah bergerak untuk melakukan konsolidasi sampai tingkat bawah dan bersosialisasi dengan masyarakat setiap hari di saat parpol lain masih dalam tahap penjajakan. “Walaupun nanti terjadi ‘head to head’ pada Pilwakot Semarang 2015, kami akan lebih siap lagi,” kata Supriyadi yang juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang itu.

Sesuai rekomendasi DPP PDI Perjuangan, Hendrar Prihadi akan diusung PDI Perjuangan sebagai calon incumbent wali kota berpasangan dengan Hevearita Gunaryanti Rahayu alias Mbak Ita sebagai calon wakil wali kota. “Kami sudah jalan melakukan konsolidasi ke kelompok-kelompok masyarakat, struktural, sampai dengan tingkat bawah. Kami tidak gentar menghadapi koalisi besar,” kata Ketua Tim Pemenangan Hendi-Ita itu.

Sebelumnya, delapan parpol menggagas untuk membangun koalisi besar menghadapi PDI Perjuangan pada Pilwakot Semarang 2015 pada kegiatan buka bersama yang berlangsung di Kantor DPC PKB Kota Semarang. Para pimpinan delapan parpol hadir dalam kegiatan buka bersama, Sabtu (4/7/2015), yang digelar PKB Kota Semarang, kecuali PDI Perjuangan, termasuk sejumlah bakal calon wali kota dan wakil wali kota.

Dua koalisi yang sudah terbangun, yakni Koalisi Tugu Muda (PKS, Golkar, dan Demokrat), serta Koalisi Garuda-Matahari yang dibangun Gerindra-PAN juga menyatakan kesiapannya membangun koalisi besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya