SOLOPOS.COM - Logistik Pilkada Kabupaten Kediri siap didistribusikan, Senin (30/11/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Asmaul Chusna)

Pilkada 2015 di Kabupaten Kediri memasuki tahap distribusi logistik pemilu.

Madiunpos.com, KEDIRI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Senin (30/11/2015), mulai mendistribusikan surat suara untuk keperluan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015. Logistik pemilu itu untuk sementara akan ditempatkan dulu di kantor pemerintah kecamatan sampai jadwal pembagian ke setiap desa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami distribusikan seluruh logistik sore ini. Nanti seluruh logistik itu akan diambil setiap PPK [panitia pemungutan suara],” kata komisioner KPU Kabupaten Kediri Roni Juliarto di Kediri, Senin.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan pendistribusian ke seluruh kecamatan itu akan dikawal langsung oleh aparat Kepolisian Resor Kediri. Untuk jadwal ke masing-masing desa, Roni mengatakan akan dilakukan satu hari sebelum Pilkada Kabupaten Kediri 2015. Jadwal itu lebih lambat daripada jadwal dimana tiga hari sebelum pemungutan suara sudah disampaikan.

Roni menyebut, pendistribusian itu memang sengaja dilakukan satu hari sebelum pemungutan suara pilkada dengan pertimbangan efektivitas serta pengamanan. Selain itu, petugas juga akan lebih mudah melakukan pengawasan logistik pilkada, sampai siap digunakan saat hari pencoblosan, 9 Desember 2015.

Ia mengatakan, di Kabupaten Kediri terdiri dari beragam daerah dengan kondisi geografis tidak sama. Terdapat beberapa daerah yang berada di pegunungan, sehingga pendistribusian akan lebih membutuhkan waktu. “Teknisnya setelah kotak suara tersegel, nanti dikirim ke PPK dan didistribusikan ke masing-masing PPS dan TPS satu hari sebelum pilkada. Kebijakan ini terkait dengan pengamanan,” ujar Roni.

KPU, kata dia, sudah melakukan pembicaraan dengan seluruh PPK, panitia pengawas, serta kepolisian terkait dengan jadwal pendistribusian surat suara tersebut, dimana salah satu yang menjadi pertimbangan adalah pengamanan logistik surat suara. “Kami juga sudah koordinasi dengan panwaslu dan kepolisian terkait distribusi ini. Jadwal juga sudah kami berikan,” ucapnya.

Kendaraan Tak Tersedia
Roni juga mengatakan KPU tidak menyediakan kendaraan untuk pengambilan logistik, melainkan langsung ditangani oleh PPK setempat. Mereka membawa kendaraan sendiri untuk pengambilan logistik, sehingga proses distribusi juga bisa dengan maksimal dilakukan, hanya membutuhkan waktu singkat.

Jumlah pemilih dalam Pilkada 2015 di kabupaten ini adalah 1.207.704 pemilih yang tersebar di seluruh daerah wilayah Kabupaten Kediri. KPU menyediakan surat suara sejumlah daftar pemilih itu, ditambah dengan 2,5% dari jumlah pemilih di setiap TPS serta 2.000 lembar untuk cadangan kebutuhan pilkada ulang.

Dalam Pilkada 2015 di Kabupaten Kediri, terdapat dua pasangan yang ikut bertarung, yaitu pasangan petahana Haryanti-Masykuri yang didukung gabungan partai PDIP, PKB, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Bulan Bintang. Sementara, pasangan lainnya adalah Ari Purnomo Adi dan Arifin yang didukung Partai Gerindra dan PAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya