SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada (Dok/JIBI/Solopos)

Pilkada 2015 siap digelar di Kabupaten Blitar meskipun hanya diikuti satu peserta.

Madiunpos.com, BLITAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (22/10/2015), menetapkan pasangan calon tunggal untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015 di daerah ini. Penetapan itu dilakukan setelah adanya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait referendum pasangan calon tunggal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami sudah lakukan penetapan dan setelahnya akan masuk ke kampanye. Jadi, nanti akan sosialisasi ke masyarakat di Kabupaten Blitar,” kata Ketua KPU Kabupaten Blitar Imron Nafifah setelah acara penetapan di Kota Blitar, Kamis.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan dalam penetapan ini memang berbeda jika dibandingkan dengan penetapan yang dilakukan oleh KPU untuk pilkada lainnya, sebab di kabupaten hanya ada calon tunggal, yaitu calon incumbent Wakil Bupati Blitar Rijanto dan pasangannya Marhaenis. Keduanya didukung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra.

Menurut dia,  KPU Kabupaten Blitar kini secara maraton menyiapkan tahapan pilkada yang akan digelar serentak pada 9 Desember 2015. Imron mengakui, sampai saat ini aturan kampanye serta petunjuk teknis (juknis) masih belum turun dari KPU pusat dan diperkirakan baru turun pekan ini.

“KPU menjanjikan pekan ini turun peraturan kampanye, juklak (petunjuk pelaksanaan) serta juknis untuk pemungutan suara. Kalau sekarang sedang diproses di Kementerian Hukum dan HAM,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, tahapan demi tahapan tetap dilalui, seperti verifikasi jumlah pemilih serta penetapan pasangan calon ini. Sedangkan, untuk pengadaan logistik, saat ini masih koordinasi dengan KPU pusat. “Kami dibantu KPU RI dalam pengadaan logistik nanti, jadi kami tunggu nanti juklak juknisnya. Begitu peraturan KPU turun, kami akan kerja keras,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya