SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara (JIBI/Solopos/Antara)

Pilkada 2015 disongsong Partai Golkar Semarang dengan rapimdasus.

Kanalsemarang.com, SEMARANG — Partai Golkar Kota Semarang menggelar rapat pimpinan daerah khusus, Minggu (5/7/2015) malam, guna menyongsong Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015. Rapimdasus itu menghasilkan dua nama kandidat yang diusung pada Pilkada Semarang, yakni Soemarmo dan Mahfudz Ali.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Kedua nama itu selanjutnya bakal diusulkan ke dewani pimpinan pusat (DPP) partai melalui Dewan Pimpinan Daerah Tingkat I (DPD I) Partai Golkar Jawa Tengah. “Hasil rapimdasus, Golkar akan mengusulkan dua nama ke DPP dan DPD I Partai Golkar Jawa Tengah,” ungkap Ketua Pelaksana Rapimdasus Golkar Kota Semarang Ade Wardana di Semarang, Minggu (5/7/2015) malam.

Ekspedisi Mudik 2024

Rapimdasus itu dihadiri pimpinan DPD I Golkar Jawa Tengan, pimpinan kecamatan (PK) Partai Golkar, organisasi pendiri, dan organisasi kemasyarakatan sayap partai berlambang pohon beringin.

Nama Soemarmo Hadi Saputro dan Mahfudz Ali tersaring dari empat kandidat yang mengikuti uji kelayakan terhadap bakal calon wali kota yang mendaftar melalui Golkar. “Golkar mengusulkan dua nama, yakni Soemarmo HS dan Mahfudz Ali sebagai calon wali kota Semarang yang diusung Golkar pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2015,” katanya.

Ade mengatakan hasil Rapimdasus Partai Golkar Kota Semarang itu juga menyepakati Agung Priyambodo untuk diusulkan kembali menjadi Ketua DPD II Partai Golkar Semarang periode 2015-2020. “Hal ini untuk menjaga soliditas dalam melaksanakan sukses konsolidasi, sukses kaderisasi, sukses pembangunan, dan sukses pemilihan umum legislatif dan pilkada di Kota Semarang,” katanya.

Sebelumnya, Partai Golkar Kota Semarang menggelar uji kompetensi terhadap empat kandidat yang mendaftar melalui parpol itu, yakni Soemarmo HS, Mahfudz Ali, Djoko Setijowarno, dan Rudy Sulaksono. Uji kompetensi yang berlangsung di Hotel Pandanaran Semarang, Minggu, sekaligus dilanjutkan dengan rapimdasus untuk menyaring nama yang akan diusulkan kepada DPP dan DPD I Partai Golkar.

Ketua DPD I Partai Golkar Kota Semarang Agung Priyambodo mengatakan uji kompetensi itu merupakan tahapan dari proses penjaringan dan penyaringan untuk mengukur kapabilitas kandidat. Sesuai mekanisme dan aturan internal Partai Golkar, kata dia, proses penjaringan, penyaringan, dan pengusulan kandidat pilkada menjadi kewenangan DPD II Golkar, namun keputusan tetap di DPP Partai Golkar.

“Dua nama itu [Soemarmo HS dan Mahfudz Ali] akan kami ajukan kepada DPP Partai Golkar untuk diberikan restu. Kecuali, ada dinamika yang lain,” pungkas Agung yang juga anggota DPRD Kota Semarang itu.

Di Kota Semarang, Golkar tergabung dalam Koalisi Tugu Muda bersama dengan dua partai politik, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat untuk menghadapi Pilkada Kota Semarang 2015. Sesuai kesepakatan koalisi, uji kompetensi dilakukan masing-masing parpol. PKS sudah melakukan uji kompetensi itu, Selasa (30/6/2015) lalu, kemudian Golkar, dan terakhir Partai Demokrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya