Dua pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Pacitan menunjukkan nomor urut peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) hasil undian di gedung serbaguna Kelurahan Ploso, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Senin (31/8/2015) malam. (JIBI/Solopos/Antara/Destyan H. Sujarwoko)

Pilkada 2015 di Kabupaten Pacitan berlanjut dengan tahap pengundian nomor urut peserta.

Solopos.com, PACITAN — Pasangan calon incumbent bupati dan wakil bupati Pacitan, Indartato-Yudi Sumbogo (Indigo) mendapat nomor urut satu dalam pengundian nomor urut peserta Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015 yang digelar KPU setempat di Gedung Serbaguna Kelurahan Ploso, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Senin (31/8/2015) malam.

Acara pengundian nomor urut peserta Pilkada 2015 yang berlangsung sekitar pukul 19.30 WIB hingga 21.00 WIB tersebut memastikan tahapan Pilkada Kabupaten Pacitan berlanjut setelah sehari sebelumnya pendaftaran kedua pasangan calon ditetapkan oleh KPU. "Berdasar hasil undian, maka nomor urut kepesertaan Pilkada Pacitan dengan ini kami tetapkan," kata Ketua KPU Kabupaten Pacitan, Damhudi menutup seremoni pengundian nomor urut pilkada.

Hasil undian sendiri menetapkan pasangan Indartato-Yudi Sumbogo sebagai pemegang nomor urut 1, sementara pasangan Bambang Susanto-Sri Retno Dewanti mendapat nomor urut 2. Keduanya secara simbolis kemudian mengangkat nomor urut hasil undian yang langsung disambut yel-yel dukungan dari puluhan massa mendukungnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi kampanye damai oleh kedua pasangan calon yang telah ditetapkan maju dalam bursa Pilkada Pacitan. "Siapapun nanti yang memenangi pesta demokrasi ini dan menjadi Bupati Pacitan, kita semua harus mendukung terciptanya suasana yang tetap damai dan kondusif. Semua demi Pacitan," kata calon bupati Indartato dalam pidato sambutannya.

Senada, komitmen serupa disampaikan oleh calon bupati Sugeng Santoso yang diusung PDIP, PAN, Gerindra, dan Nasdem. Selain menyatakan dukungan terhadap penyelenggaraan pilkada damai, Sugeng yang berpasangan dengan Sri Retno Dewanti, pengusaha sukses di Yogyakarta, sempat menyentil soal pentingnya komitmen kejujuran dari semua pasangan calon, termasuk masyarakat yang menjadi pendukung.

"Jangan pernah ada dusta di antara kita. Mari wujudkan pilkada yang bersih, jujur dan bermartabat," ucapnya saat memberi sambutan.

Dikawal Ketat
Kapolres Pacitan, AKBP Taryadi menyambut baik ikrar deklarasi damai yang telah ditandatangani kedua pasangan calon. Ia memastikan seluruh tahapan pilkada mendapat pengamanan ketat dari aparat keamanan, khususnya jajaran kepolisian dengan dibantu jajaran TNI dari Kodim setempat.

Sejumlah pihak sempat mengkhawatirkan kelanjutan Pilkada Pacitan, menyusul gagalnya pelaksanaan pilkada Pacitan akibat berkas calon tidak lolos verifikasi. Namun kekhawatiran itu terbantahkan setelah pasangan Bambang Susanto-Sri Retno Dewanti memastikan hadir dan mengikuti setiap tahapan penetapan maupun pengundian nomor urut yang digelar KPU setempat.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten