Tutup Iklan

Pilihlah Masakan Rumah daripada Masakan Restoran, Ini Alasannya

Tak ada salahnya membawa bekal makanan berupa masakan dari rumah saat Anda bekerja dan anak sekolah.

 Ilustrasi menyiapkan masakan rumah. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menyiapkan masakan rumah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, mengonsumsi masakan rumah tentu lebih aman daripada pergi makan ke restoran. Jika toh Anda berniat makan di restoran, pastikan kebersihan di restoran tersebut.

Saat Anda beraktivitas di luar misalnya bekerja di kantor, tak ada salahnya Anda membawa bekal masakan rumah. Bahkan saat si kecil sudah kembali ke bangku sekolah, tak ada salahnya membawakan mereka bekal makanan hasil racikan Anda sendiri daripada membiarkan mereka jajan.

Berikut ini sejumlah alasan mengapa sebaiknya Anda memilih masakan rumah daripada jajan di restoran atau warung seperti dikutip dari alodokter.com, Kamis (14/10/2021):

1. Lebih mudah mengatur komposisi bumbu dan kebutuhan nutrisi

Penggunaan bumbu dalam masakan bisa memengaruhi kesehatan Anda. Dengan memasak di rumah, Anda bisa mengatur jenis makanan dan bumbu yang digunakan.

Misalnya, jika Anda menderita tekanan darah tinggi, Anda dapat mengurangi garam dan MSG. Sedangkan bagi Anda yang menderita diabetes, Anda bisa mengurangi asupan gula dalam masakan.

Baca Juga: Ini Keistimewaan Squid Game dari Battle Royale dan The Hunger Games

Jika Anda ingin menerapkan pola hidup sehat, Anda dapat lebih mudah mengatur asupan nutrisi sesuai kebutuhan tubuh dengan cara memasak sendiri di rumah. Masakan restoran, terutama restoran cepat saji, biasanya mengandung lebih banyak lemak, kalori, minyak, gula, garam, daripada masakan rumah.

2. Dapat memastikan kebersihan makanan

Meski terlihat mewah dan menarik, Anda tidak selalu dapat memastikan kebersihan makanan di restoran, baik dari kebersihan dapur, alat-alat yang digunakan, hingga penyajiannya.

Sementara di rumah, Anda bisa memastikan kebersihan masakan. Misalnya, sayuran atau buah yang dicuci hingga benar-benar bersih untuk menghindari kontaminasi bakteri E.coli dan Salmonella.

3. Dapat memilih sendiri cara mengolah masakan

Kelebihan masakan rumah selanjutnya adalah Anda bisa memilih sendiri cara mengolah masakan untuk mendapatkan makanan yang lebih sehat. Contohnya, Anda bisa menggunakan minyak yang lebih sehat, atau mengurangi pemakaian minyak dengan cara mengukus atau memanggang makanan.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan untuk Turunkan Kadar Kolesterol, Mau Coba?

4. Dapat mengatur porsi sesuai kebutuhan

Banyak restoran menawarkan masakan dengan porsi yang besar untuk menarik minat pembeli. Padahal, porsi itu bisa jadi jauh melebihi porsi makan yang Anda butuhkan.

Nah, dengan memasak di rumah, Anda bisa mengatur sendiri porsi makanan dan jumlah kalori sesuai kebutuhan, sehingga Anda bisa menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas. Agar lebih mudah, Anda bisa mengikuti petunjuk resep masakan yang menyertakan infromasi nilai gizi dan kalori dalam makanan.

Jika dibandingkan dengan masakan rumah, masakan restoran memang lebih praktis, cepat, banyak pilihan, dan memiliki rasa yang beragam.

Namun, kekurangan masakan restoran adalah Anda tidak tahu bagaimana proses dan cara memasaknya, nutrisi yang terkandung di dalamnya, bahan yang digunakan, dan kebersihan masakan tersebut.


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Vaksin Dosis Ketiga Covid-19 Ada yang Berbayar, Berapa Harganya?

Rencananya, penerapan vaksin dosis ketiga Covid-19 berbayar ini mulai Januari 2022.

Ketahui Penyebab Seseorang Bunuh Diri, Salah Satunya Depresi

Jika orang sering merasakan kegagalan berulang dan merasa putus asa, ini juga bisa menjadi penyebab bunuh diri. 

Gunung Semeru Erupsi, Warganet Serukan Pray for Lumajang di Twitter

Warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Lumajang yang sedang mengalami musibah dengan bersama-sama menggunakan tagar pray for Lumajang di jagat Twitter.

Tagar Randy Bagus Hari Sasongko Trending di Twitter

Diketahui, Bripka Randy Bagus ini berdinas di Polres Pasuruan dan telah ditetapkan tersangka.

Waspadai Dampak Debu Vulkanik Seperti Dikeluarkan Gunung Semeru

Akademisi dan Praktisi Klinis, Ari Fahrial Syam mengimbau agar masyarakat mewaspadai dampak dari debu vulkanik seperti dikeluarkan Gunung Semeru.

Lakukan Ini Saat Tersesat di Gunung Seperti Dialami WNA Ukraina

Ada sejumlah hal bisa Anda lakukan saat mengalami tersesat di gunung.

Melihat Keindahan 5 Danau di Gunung Semeru yang Saat Ini Erupsi

Bukan hanya puncaknya yang bernama Mahameru yang menarik perhatian, melainkan sejumlah danau atau ranu di Gunung Semeru juga menyimpan pesona tersendiri.

Kematian Novia Widyasari Jadi Sorotan, Kata Diperkosa Trending Twitter

Kata diperkosa terkait kasus kematian Novia Widyasari trending di Twitter, begitu pula dengan tagar noviawidyasari yang telah menuai 4.805 tweet.

Lakukan Ini Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi Seperti Gunung Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar gunung berapi biasanya sudah tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi letusan, namun lain halnya dengan wisatawan.

Mengenal Bahaya yang Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi Seperti Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan selalu waspada dan siap siaga terhadap bahaya letusan gunung berapi.

Galon Isi Ulang Disebut Mengandung BPA, Benarkah Berbahaya bagi Tubuh?

Di Amerika Serikat dan Uni Eropa, larangan kandungan BPA pada kemasan pangan diterapkan untuk produk bayi dan food contact material.

Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.

Intip Berbagai Aturan Karantina di Sejumlah Negara

Berikut berbagai aturan karantina di sejumlah negara yang perlu Anda ketahui.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar, Lengkap Ada Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa memohon ampunan dari dosa besar dan kesalahan lainnya menurut ajaran Islam yang dilengkapi latin dan artinya.

Virus Omicron 3 Kali Lebih Berisiko Picu Infeksi Ulang daripada Delta

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan varian Omicron setidaknya tiga kali lebih mungkin picu infeksi ulang.

+ PLUS Anjuran Pimpinan MTA Soal Menyantuni Anak Yatim

Siapa tahu sedekah kita untuk anak-anak yatim itulah yang akan menyelamatkan kita dari siksa api neraka dengan rida Allah.