SOLOPOS.COM - Seorang pembeli melihat-lihat kerudung Hana yang dijual di rumah Kerudung Jihan, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (22/7/2014) (Ika Yunianti/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA – Setiap Lebaran, bermunculan gaya baru dalam berhijab atau busana pembatas bagi muslimah, tak terkecuali Lebaran tahun ini. Pada Lebaran 2014 ini, giliran jilbab atau kerudung lebar yang dipakai wanita muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai dada, ala Hana dan Fatin yang tengah digandrungi dan menjadi acuan untuk mengenakan penutup kepala islami untuk perempuan muslim ini.

Dinamakan jilbab Hana karena diambil dari nama karakter yang diperankan oleh Dewi Sandra dalam sebuah sinetron yang ditayangkan di layar kaca. Ciri khas model ini adalah pashmina–salah kaprah atas penyebutan selendang atau kain panjang yang mestinya hanya terbuat dari wol halus asal Kasmir, India–yang dililitkan di sekeliling kepala dan menyisakan satu bagian tergerai baik di sisi kiri maupun kanan wajah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara gaya jilbab Fatin meniru gaya penyanyi lulusan ajang pencarian bakat, Fatin Shidqia Lubis. Model jilbab ini juga berupa kain panjang siap pakai yang lebih mengandalkan warna-warna cerah seperti yang biasa dibawakan Fatin di panggung. Ciri khas lainnya adalah taburan ornamen baik dari sisa kain maupun aksesori lain yang sengaja ditambahkan.

Ekspedisi Mudik 2024

Pedagang busana muslim di Pasar Beringharjo Jogja, Susi, kepada Harianjogja.com, Selasa (22/7/2014), mengatakan kedua model itu memang tengah menjadi rujukan utama konsumennya. Seperti tahun-tahun sebelumnya yang menggunakan artis sebagai kiblat mode, kali ini giliran Hana dan Fatin yang tengah naik daun.

“Sebenarnya ada model lainnya, yang model sederhana dan klasik pun masih dicari, tapi yang meminta model Hana dan Fatin sedang banyak,” ujar dia.

Soal warna, motif atau bahan, Susi mengatakan tak ada perbedaan antara model-model yang tengah digemari. Semua warna dan motif hijab bisa diaplikasikan dan tinggal menyesuaikan baju yang sudah ada.

“Tinggal sesuaikan saja dengan bajunya, warna dan bahannya bisa dipilih sesuai selera,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya