SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA-Sampai saat ini masih banyak siswa SMA sederajat yang asal-asalan memilih jurusan kuliah. Adapun pemilihan jurusan dapat berdampak pada masa depan.

Manajer Area Primagama Wilayah Jogja, Johan Handoko mengatakan alasan siswa SMA memilih jurusan beragam. Menurutnya alasan terbesar masih berkisar aspek pertemanan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Teman masuk jurusan A, ikut A. Lalu ada juga yang tidak melihat silabus, alias asal pilih supaya bisa diterima. Kemudian masih banyak alasan lain,” jelasnya kepada Harian Jogja saat dihubungi, Selasa (16/4).

Johan menuturkan seharusnya hal ini tidak terjadi. Sebab minat dan bakat setiap orang berbeda. Disatu sisi, sekarang muncul berbagai jurusan baru yang terlihat menarik, tetapi justri tidak prospektif.

Atas alasan itu, Suzuki Indojaya dan Primagama Jogja akan mengadakan seminar bertema Bongkar Strategi Tembus PTN pada 18 April 2013 di Balai Pamungkas Jogja. Mengundang sekitar 500 siswa perwakilan kelas 10 dan 11 di DIY, akan dipaparkan sejumlah tips dan trik menembus PTN.

“Kami akan memberikan seminar motivasi kepada peserta mengenai pemilihan jurusan yang banyak dibutuhkan dalam dunia kerja, tetapi kami tetap akan menyesuaikan dengan minat bakat siswa,” terang dia.

Dalam kesempatan itu, akan hadir motivator dari STIMIK Amikom Jogja. Sementara pada sesi kedua, pemateri dari Primagama akan berbagi mengenai format baru jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya