Pilih Damai, Aercap Cabut Gugatan Pailit terhadap Garuda Indonesia 

Perusahaan penyewaan dan penjualan pesawat Aercap Ireland Limited (Aercap) setuju menghentikan gugatan pailit terhadap PT Garuda Indonesia.

 Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA – Perusahaan penyewaan dan penjualan pesawat Aercap Ireland Limited (Aercap) setuju menghentikan gugatan pailit terhadap PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA).

Direktur Teknik Garuda Indonesia Rahmat Hanafi menyampaikan Aercap dan Garuda Indonesia telah menandatangani kesepakatan Global Side Letter Agreement pada 28 Juli 2021.

Melalui perjanjian tersebut, Aercap setuju menghentikan gugatan pailit terhadap GIAA. “Aercap setuju menghentikan gugatan pailit terhadap perseroan di Supreme Court di New South Wales pada 21 Juni 2021,” paparnya dalam laporan ke Bursa Efek Indonesia, Jumat (30/7/2021).

Di sisi lain, sambung Rahmat, Garuda Indonesia menyepakati untuk menerbangkan dan merelokasi 9 pesawat B737 800NG yang disewa GIAA ke lokasi yang telah disetujui.

Baca Juga: Layanan Tes Covid-19 dan Vaksinasi di Bandara – Stasiun, Cek Jadwal dan Tarifnya

Sejalan dengan kesepakatan tersebut, Rahmat menyampaikan manajemen Garuda memastikan seluruh aspek kegiatan operasional penerbangan akan tetap berlangsung dengan normal.

Garuda berkomitmen mengoptimalkan layanan untuk kebutuhan mobilitas mayarakat maupun angkutan kargo. “Garuda turut memastikan bahwa tindak lanjut kesepakatan dengan Aercep mengedepankan prinsip Good Corporate Governance,” imbuhnya.

Berdasarkan catatan Binis, sebelumnya pada 14 Mei 2020, Aercep mengajukan gugatan ke Pengadilan London terkait pembayaran sewa pesawat yang belum dilakukan oleh Garuda.

Namun, Garuda menyatakan telah beberapa kali melakukan negosiasi dengan Aercap untuk menyelesaikan permasalahan secara damai.

Baca Juga: Umrah Dibuka, Perpuhi dan AMPHURI Tunggu Aturan Teknis

Pemulihan Pariwisata

Di sisi lain,  serikat karyawan garuda (Sekarga) meminta agar pembentukan holding ekosistem pariwisata sebagaimana program Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) segera direalisasikan guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional khususnya bidang pariwisata.

Ketua  Harian Sekarga Tommy Tampati mengatakan saat ini kondisi  Garuda Indonesia berada diambang kebangkrutan akibat dampak pandemi Covid-19.  Pandemi, lanjutnya, sangat berpengaruh terhadap kegiatan operasi maskapai pelat merah tersebut.

Tak hanya dampak dari Covid-19, dia juga menjelaskan adanya dampak dari beban masa lalu terkait dengan pengadaan pesawat dan engine yang dilakukan oleh direksi dimasa lalu dan juga adanya dampak dari tidak terkelola maksimal beberapa potensi lini bisnis di antaranya, captive market corporate account (semua perjalanan dinas instansi pengguna APBN dan non APBN), lini bisnis cargo dan lini bisnis charter.

“Kiranya Bapak Presiden [Joko Widodo] dapat membantu percepatan pembentukan holding ekosistem pariwisata sebagaimana program dari Bapak Menteri  BUMN guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional khususnya bidang pariwisata,” ujarnya melalui siaran pers dikutip, Kamis (29/7/2021) seperti dilansir Bisnis.

Sebagai gambaran, dia melaporkan bahwa di internal emiten berkode saham GIAA tersebut telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari total karyawan pada 2019. Drai total sebanyak 7.900 karyawan telah berkurang 2.000 karyawan pada 2020.

Berita Terkait

Berita Terkini

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.

Pengembang Geothermal Harus Punya 5 Prinsip Pengembangan Panas Bumi

PT Geo Dipa Energi (Persero) , sebagai BUMN mendorong seluruh pengembang Geothermal untuk memiliki 5 prinsip dasar pengembangan Panas Bumi di Indonesia.

Sebelum Beli Kripto, Belajar Dulu 10 Istilah Berikut Ini

Mampu menghasilkan keuntungan berlipat dalam jangka waktu yang relatif singkat menjadi alasan utama mengapa investasi kripto begitu diminati.

Teknologi Komunikasi 5G Mulai Menyebar, Apa Keuntungan Bagi Masyarakat?

5G akan memberikan dampak evolusi teknologi di platform dagang -el (e-commerce). Tampilan gambar barang yang awalnya dalam bentuk foto, nantinya bisa hadir dalam bentuk 3D. 

Undian Simpedes Berhadiah Mobilio dan Suzuki Carry, Ini Pemenangnya

BRI Kantor Cabang (KC) Solo Kartasura kembali menggelar, Panen Hadiah Simpedes Periode I Tahun 2021, di Aston Solo.

Gelombang 21 Kartu Prakerja Terakhir Tahun Ini, akan Ada Lagi Enggak Ya?

Kartu Prakerja gelombang 21 akan menjadi gelombang yang terakhir sesuai dengan alokasi anggaran tahun ini.

Suku Bunga Deposito Turun, Simpanan Dana di Bank Ikut Melambat

Bank Indonesia (BI) melaporkan pada Agustus 2021 terjadi perlambatan himpunan dana pihak ketiga (DPK) bank seiring dengan penurunan suku bunga simpanan.

Penyaluran KUR Capai Rp177,7 Triliun, Didominasi oleh Sektor Ini 

Realisasi penyaluran kredit usaha rakyat atau KUR sampai dengan awal September 2021 telah mencapai Rp177,7 triliun kepada 4,8 juta debitur atau 70 persen dari target nasional.

Citilink Jadi Maskapai Murah Terbaik Nomor Dua di Dunia Saat Pandemi Covid-19

Citilink meraih predikat 5-Star Covid-19 Airline Safety Rating dari Skytrax, sebuah lembaga pemeringkat penerbangan global independen yang berbasis di Inggris.

Penerimaan Pajak 60,3 Persen Per Agustus, Yakin Bisa Capai Target?

Pemerintah memiliki waktu empat bulan untuk mengejar sisa hampir 40 persen pajak yang belum terkumpul.

XL Axiata Dorong Swasta Tingkatkan Pemberdayaan Perempuan

XL Axiata mendorong pelaku dunia usaha swasta untuk meningkatkan pemberdayaan pekerja perempuan guna meminimalisasi dampak digitalisasi dan otomatisasi terhadap eksistensi mereka.

Modena Hadirkan Spin Mop Lustro SM 3201 L, Bersih-Bersih Rumah Tak Capek Lagi

Sebagai salah satu pemimpin pasar home appliances di Indonesia, Modena secara resmi hadirkan Spin Mop LustroSM 3201 L.

Amankan Sertifikasi Aset Tanah, PLN Gandeng KPK dan BPN

Aset tanah tersebut digunakan PLN untuk menunjang infrastruktur ketenagalistrikan bagi kepentingan masyarakat.

Hati-Hati, Penipuan Investasi Ilegal Masih Marak Via SMS dan Grup Perpesanan, Kenali Modusnya

Penipuan berkedok penawaran investasi kepada masyarakat melalui pesan singkat atau grup percakapan masih marak. Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut menduplikasi dan mencatut atau mengatasnamakan penyelenggara fintech berizin untuk mengelabui masyarakat.

Saatnya Investasi, Harga Emas Antam Kamis 23 September 2021 Lagi Turun Hlo

Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk., hari ini Kamis (23/9/2021) terpantau turun dibandingkan harga kemarin.

Tugu Insurance Raih Predikat Asuransi Terbaik 2021

Tugu Insurance meraih penghargaan Asuransi Terbaik 2021  di kategori kelompok asuransi umum dengan aset di atas Rp5 triliun.