SOLOPOS.COM - Kakak sulung Ganjar Pranowo, Kunto, bersama tim sukarelawan pemenangan pasangan Ganjar-Heru menggelar jumpa wartawan di Restoran Phuket Solo, Jumat (17/5/2013) siang. (JIBI/SOLOPOS/Tri Indriawati)

Kakak sulung Ganjar Pranowo, Kunto, bersama tim sukarelawan pemenangan pasangan Ganjar-Heru menggelar jumpa wartawan di Restoran Phuket Solo, Jumat (17/5/2013) siang. (JIBI/SOLOPOS/Tri Indriawati)

Kakak sulung Ganjar Pranowo, Kunto, bersama tim sukarelawan pemenangan pasangan Ganjar-Heru menggelar jumpa wartawan di Restoran Phuket Solo, Jumat (17/5/2013) siang. (JIBI/SOLOPOS/Tri Indriawati)

KARANGANYAR – Tim sukarelawan pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub), Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmiko, mengklaim lebih kuat dalam pengerahan massa dibandingkan dengan upaya konsolidasi yang dilakukan DPC PDIP Karanganyar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator sukarelawan pemenangan Ganjar-Heru untuk wilayah Karanganyar, Chandra Gunawan, menilai upaya konsolidasi yang dilakukan DPC PDIP kurang mampu menarik simpati masyarakat luas. Selama ini, imbuh dia, konsolidasi hanya dihadiri pengurus struktural partai dan tidak menghadirkan tokoh-tokoh masyarakat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Hla kalau orang-orang partai enggak perlu konsolidasi sudah tentu ikut milih. Justru yang terpenting itu kan bagaimana mengajak masyarakat luas untuk pilih Pak Ganjar,” tutur dia dalam jumpa pers kepada wartawan di Restoran Phuket Solo, Jumat (17/5/2013). Oleh sebab itu, Chandra yang juga mantan Ketua DPC PDIP Karanganyar, berniat menggerakkan tim sukarelawan di tengah masyarakat untuk mensukseskan langkah Ganjar dalam Pilgub 26 Mei mendatang. Menurutnya, kekuatan pengerahan massa yang dilakukan sukarelawan lebih ampuh dibandingkan upaya konsolidasi kalangan struktural partai.

Salah satu jalan yang digunakannya untuk menarik simpati masyarakat yakni dengan menggelar acara sepeda santai dan jalan sehat di Desa Ngringo, Jaten, pada Sabtu (18/5/2013) siang. Dia berharap masyarakat Ngringo bakal tertarik mendukung pasangan yang diusung PDIP itu. Berdasarkan data daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkades lalu, jumlah penduduk Ngringo yang potensial sebagai pemilih lebih kurang 7.051 jiwa. “Ngringo itu kan jumlah penduduknya banyak, setara dengan Kecamatan Jenawi. Jadi kami memilih untuk fokus mengarahkan suara masyarakat di Ngringo dulu,” imbuh dia.

Kekuatan Sukarelawan
Kakak sulung Ganjar Pranowo, Kunto mengakui andil tim sukarelawan untuk pemenangan adiknya lebih besar dibandingkan dengan upaya anggota struktural partai. “Sukarelawannya Ganjar itu sangat kuat, saya sendiri sudah menemui mereka di berbagai daerah, antusiasnya sungguh luar biasa. Bahkan ada seorang guru tidak tetap yang rela ngasih uang Rp3,5 juta cuma pengin dapat kaos Ganjar,” tutur Kunto.

Besarnya dukungan yang mengalir dari para sukarelawan membuat Kunto percaya diri adiknya bakal memenangi Pilgub Jawa Tengah (Jateng). Menurutnya, gerakan yang dilakukan oleh sukarelawan di berbagai daerah untuk memenangkan Ganjar sudah sangat maksimal. Dia menargetkan setidaknya pasangan Ganjar-Heru akan meraih sepertiga suara dari jumlah keseluruhan masyarakat Jateng. Kunto juga optimistis adiknya mampu meraih suara terbanyak di kampung halamanya, Karanganyar. “Kalau di Karanganyar ya paling tidak 60% suaranya masuk ke Ganjar,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya