SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SEMARANG — Kalangan partai politik (parpol) di Jateng belum juga percaya diri (PD) untuk mengusung pasangan bakal calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub). Padahal, pembukaan pendaftaran pasangan bakal cagub dan cawagub pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng tinggal dua hari lagi yakni Rabu (27/2/2013).

Pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Teguh Yuwono, mengatakan kalangan parpol masih kalut terhadap bakal cagub yang akan diusung. “Parpol tidak percaya diri sehingga belum berani menentukan nama bakal cagub yang diusung pada pilgub mendatang,” katanya kepada Solopos.com di Semarang, Senin (25/2/2013).

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Hal ini, lanjut dia karena kalangan pimpinan parpol berpikir prakmatis, hanya akan mengusung calon yang memiliki peluang menang cukup besar. Saat ini hanya ada tiga calon yang dinilai memiliki potensi memenangi pilgub, yakni incumbent atau patahana Gubernur Jateng, Bibit Waluyo, Wakil Gubernur Jateng, Rustriningsih, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jateng, Hadi Prabowo.

Bibit Waluyo akan diusung sebagai cagub oleh Partai Demokrat (PD), Rustriningsih dan Hadi Prabowo sudah mengikuti seleksi cagub di PDIP juga masih menunggu rekomendasi. “PDIP sebagai parpol pemenang pemilu 2009 di Jateng memegang kendali cagub, sehingga memainkan rekomendasi ditunda-tunda,” beber Teguh.

Kondisi ini, ujar dia, membuat parpol tersandera belum bisa menentukan cagub, karena masih menunggu siapa yang akan mendapatkan rekomendasi PDIP Rustriningsih atau Hadi Prabowo. Sedang Bibit Waluyo yang sudah hampir pasti akan diusung Partai Demokrat berkoalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN) juga menghadapi kendala tentang cawagub sebagai pendampingnya.

“Jadi sekarang ini Rustriningsih dan Hadi Prabowo tersandera rekomendasi PDIP, sedang Bibit Waluyo tarsandera cawagub,” ungkapnya.

Dosen FISIP Undip ini, berharap parpol segera memastikan nama bakal cagub dan cawagub yang akan diusung dalam pilgub Jateng.
“Parpol tinggal menunggu apa lagi. Masyarakat sudah gregetan menanti siapa nama cagub yang akan dipilih,” tandas Teguh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya