SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BOYOLALI — Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Boyolali menemukan sejumlah kotak suara yang didistribusikan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke Panitia Pemungutan Suara, tidak disimpan di kantor PPS. Logistik tersebut justru disimpan di rumah kepala desa (kades) atau perangkat desa lainnya.

Hal itu dikemukakan ketua Panwas Kabupaten Boyolali, Taryono ketika ditemui wartawan di kantornya, Jumat (24/5/2013). Diungkapkan Taryono, kondisi tersebut terjadi di beberapa kecamatan, yaitu Simo, Klego dan Karanggede.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

”Hasil pantauan kami di beberapa wilayah di Simo, Klego, dan Karanggede, ditemukan kotak suara yang berisi logistik pilgub tidak disimpan di tempat yang seharusnya, tetapi justru di rumah kepala desa atau ketua PPS-nya dengan alasan untuk keamanan,” ungkap Taryono.

Dijelaskan Taryono, berdasarkan aturan yang ada, kotak suara tersebut seharusnya disimpan di kantor PPS atau kantor lurah atau kades setempat.

”Kami juga sudah berkoordinasi dengan KPU [Komisi Pemilihan Umum]. Alasannya sama, yakni masalah keamanan. Padahal untuk keamanan kotak suara tersebut adalah tanggung jawab PPS. Kalau disimpan di rumah, dikhawatirkan pengamanannya kurang terjamin,” terangnya.

Di sisi lain, anggota Panwas Kabupaten Boyolali, Narko Nugroho mengemukakan hingga hari terakhir kampanye dan memasuki masa tenang pilgub, Panwas telah mencatat sejumlah pelanggaran.

“Yang paling banyak adalah atribut atau alat peraga kampanye yang dipasang tidak sesuai aturan. Dalam penertiban beberapa waktu terakhir, sudah ada ribuan atribut yang kami copot bersama tim gabungan dari Pemkab,” katanya.

Namun pihaknya menyoroti sejumlah atribut kampanye yang sulit ditindak tim, yaitu yang dipasang di mobil. Terkait persoalan tersebut, lanjut dia, Panwas telah mengimbau masing-masing tim sukses calon pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) untuk melepas atribut yang dipasang di mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya