SOLOPOS.COM - Logo Pilgub Jateng

Logo Pilgub Jateng

SOLO– Logistik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng), Kamis (23/5/2013), sudah terdistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di 51 kelurahan. H-1 pencoblosan logistik bakal didistribusikan ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 981 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

“Logistik hari ini semua sudah kelar. Tanggal 25 Mei PPS mulai mendistribusikan ke TPS. Setelah itu domain pencoblosan,” jelas Anggota KPU Divisi Logistik dan Umum, Wisnu Cahyanto, saat ditemui di KPU Solo, Kamis.

Ekspedisi Mudik 2024

Wisnu mengatakan seluruh logistik yang didistribuskan dalam kondisi terkunci dak tersegel. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya sabotase sebelum pencoblosan dilakukan yakni Minggu (26/5).

Disinggung soal anggaran yang dibutuhkan untuk pembuatan TPS, Wisnu menjelaskan dana sudah di breakdown ke masing-masing PPS. Di satu TPS, setidaknya dialokasikan anggaran senilai Rp250.000 serta Rp60.000 untuk konsumsi petugas. “Anggaran itu saat ini posisi sudah di PPS. Mungkin PPS akan berkoordinasi untuk teknis pencairan. Soal honor, diberikan setelah pencoblosan,” ungkapnya.

Di sisi lain, Ketua KPU Solo, Didik Wahyudiono, menuturkan guna menggenjot angka partisipasi warga, pihaknya gencar melakukan sosialisasi menjelang pencoblosan. Upaya yang dilakukan KPU, lanjut dia, salah satunya dengan mengadakan blusukan ke kampung-kampung.

“Menggunakan satu mobil dengan pengeras suara kami blusukan ke kampung-kampung.  Ini kami lakukan dalam rangka mengingatkan ke masyarakat untuk datang ke TPS pada Minggu nanti,” papar dia.

Selain itu, pihaknya sudah berkerjasama dengan agen koran untuk menyebar leaflet berisi visi misi tiga pasangan calon. “Jadi, leaflet kami selipkan di koran untuk disebar ke pelanggan koran,” tambah dia.

Disinggung upaya membikin TPS semenarik mungkin, Didik menyatakan sulit melakukan hal tersebut. “KPU tidak bisa mengimbau itu, karena pembuatan TPS disesuaikan dengan budget yang ada. Yang penting, TPS dijamin dapat dijangkau masyarakat,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya