SOLOPOS.COM - Maskot Pilgub Jawa Tengah. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten menyiapkan 2.475 template atau alat bantu mencoblos bagi penyandang tunanetra saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah berlangsung pada 26 Mei mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggota KPU Klaten Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Suharso, mengatakan jumlah template tersebut disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Klaten.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami memang tidak memiliki data berapa jumlah pemilih penyandang tunanetra. Oleh sebab itu, semua TPS kami lengkapi dengan alat bantu itu. Melalui alat bantu itu, KPU ingin memberikan jaminan kepada penyandang tunanetra supaya bisa memberikan hak suaranya,” terang Suharso saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (15/5/2013).

Alat bantu tersebut berupa kertas yang dilengkapi tiga lubang berbentuk kotak atau persegi. Di atas tiga lubang tersebut terdapat urutan angka 1, 2 dan 3 yang dicetak dalam huruf braille. Pada bagian bawah lubang kotak tersebut juga terdapat nama tiga pasangan Calon Gubernur (Cagub) Jateng sesuai nomor urut juga dicetak dalam huruf braille.

Lubang kotak tersebut berukuran sama dengan gambar tiga pasangan Cagub Jateng. Saat alat bantu coblos dan surat suara disatukan, maka penyandang tunanetra bisa membaca calon mana yang bakal dipilih lalu mencoblosnya.

“Setelah dicoblos, surat suara itu akan dipisahkan dengan template lalu dilipat untuk dimasukkan dalam kotak suara. Bagi penyandang tunanetra akan mendapat bantuan dari petugas KPPS ketika ingin mencoblos,” tandas Suharso.

Sementara itu, KPU Klaten sudah menerima 31.551 surat suara sebagai ganti
surat suara yang rusak pada Senin (13/5/2013). Surat suara tersebut saat ini sudah dilipat dan dikemas. Rencananya, surat suara itu akan didistribusikan ke kecamatan yang masih kekurangan surat suara.

“Semula kami menerima 1.040.164 lembar surat suara, namun terdapat 31.551 lembar yang rusak. Setelah kami cek, semua tak ada yang rusak lagi,” papar staf Sekretariat KPU Klaten, Ika Nurmaliana Dewi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya