SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko (JIBI/SOLOPOS/Antara)

KARANGANYAR — Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) Jateng, Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko menang telak di kampung halamannya, Tawangmangu. Pasangan cagub-cawagub nomor urut tiga tersebut mengungguli peolehan suara cagub-cawagub lainnya.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Pasangan Ganjar-Heru meraih sebanyak 206 suara, pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono (HP-Don) meraih 17 suara sementara Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo menyabet 14 suara di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04 Kelurahan Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu.

Lokasi TPS tersebut merupakan tempat kelahiran Ganjar Pranowo. Semasa kecil, Ganjar hidup di desa tersebut dengan keluarga besarnya.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 04, Kelurahan Tawangmangu, Tawangmangu, Djumadi, mengatakan total pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 255 pemilih. Jumlah surat suara yang tidak sah sebanyak 18 suara. Sementara jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS tersebut berjumlah 340. Artinya, warga yang tak menggunakan hak pilihnya alias golongan putih (golput) sebanyak 85 pemilih.

“Kami sudah menghitung jumlah surat suara. Hasilnya, pasangan Ganjar-Heru menang di TPS kampung halamannya,” ujarnya kepada Solopos.com, Minggu (26/5/2013).

Hasil penghitungan suara tersebut segera diserahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tawangmangu. Setelah seluruh KPPS menyerahkan hasil penghitungan suara di setiap TPS maka bakal dilakukan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan. Selanjutnya, hasil rekapitulasi diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar untuk dihitung ulang.
Di tempat lain, sejumlah pejabat dan tokoh di Karanganyar menggunakan hak pilihnya di TPS terdekat. Bupati Karanganyar, Rina Iriani SR, mencoblos di TPS 02 Cerbonan, Karanganyar. Rina mendatangi lokasi TPS sekitar pukul 09.30 WIB. Menurutnya, tingkat partisipasi pemilih masih tinggi. Buktinya, pemilih berduyun-duyun menuju lokasi TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

Sementara Wakil Bupati Karanganyar, Paryono menggunakan hak pilihnya di TPS 10 di Panti Asuhan Aisyiah Karanganyar sekitar pukul 10.00 WIB. Paryono mendatangi lokasi TPS didampingi istri dan anaknya. Dia meminta agar warga Bumi Intanpari menggunakan hak pilihnya untuk menentukan masa depan Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya