SOLOPOS.COM - Logo Pilgub Jateng

Logo Pilgub Jateng

SOLO– Debat cagub-cawagub Jateng putaran II, Selasa (14/5/2013) malam di Kampus Undip Tembalang, Semarang disiarkan langsung Kompas TV.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam debat sesi III, yakni menjawab pertanyaan cepat seputar Jawa Tengah. Pasangan no urut 3 Ganjar-Heru (Gagah) mengalahkan poin pasangan no urut 1, HP-Don  dan pasangan no 2 Bibit-Sudidjono (Bissa).

Gagah mengumpulkan poin 600, sedangkan HP-Don 500 dan Bissa poin 400.

Sedikitnya ada 15 pernyataan seputar Jateng diajukan kepada Cagub-Cawagub. Masing-masing pasangan kemudian saling berebut untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Ada kendala teknis sebelumnya karena bel di meja pasangan Bissa tidak menyala, sehingga akhirnya diputuskan perebutan jawaban dilakukan dengan cara mengangkat tangan.

Pada pertanyaan satu hingga empat pertanyaan pasangan Bissa unggul. Bibit menjawab pertanyaan satu sampai empat. Beberapa pertanyaan yang  berhasil dijawab Bissa antara lain, sebutan Kota Batik di Jateng, yang dijawab Bibit dengan Pekalongan. Nama Bandara di Cilacap disebutnya Tunggul Ulung, Kerajaan Islam pertama di Indonesia untuk Demak dan pencipta Walang Kekek yakni Waljinah.

Sementara Gagah berhasil menjawab untuk pertanyaan Gubernur Jateng yang jadi Mendagri yakni Mardiyanto, kota khas telur asin untuk Brebes, pencipta lagu Bangun Desa yakni Ki Narto Sabdo, nama kampung di Cilacap yang jadi restoran di Semarang untuk Kampung Laut, kuliner khas nasi gandul yakni Pati dan wayang khas daerah Gombong untuk jawaban wayang dalang Jemblung.

Sementara untuk pasangan HP-Don berhasil menjawab angka UMK Semarang, makan RA Kartini untuk jawaban Mantingan, Rembang, pembangunan candi Prambanan oleh Dinasti Syailendra abad ke-9 dan mantan gubernur Jateng pencetus PKK yakni Supardjo Rustam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya