SOLOPOS.COM - Logo Pilgub Jateng

Logo Pilgub Jateng

SEMARANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng telah mengganti 192.377 surat suara rusak yang akan digunakan untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 26 Mei 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua KPU Jateng, Fajar Subhi, mengatakan pengadaan surat surat sudah Pilgub sudah tak ada permasalahan, karena yang rusak telah dilakukan penggantian.

“Kami telah mengganti 192.377 lembar surat suara yang rusak ke KPU kabupaten/kota,” katanya di Semarang, Jumat (17/5/2013).

Seperti diberitakan, dari hasil penyortiran surat suara Pilgub Jateng dilakukan KPU kabupaten/kota ditemukan 192.337 lembar rusak. Kerusakan antara lain, sobek, lusuh, luntur, ada lubang atau ada tetesan tinta di gambar ketiga pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub).

Dengan telah dilakukan penggantian surat suara yang rusak itu, lanjut Fajar, maka pengadaan logistik Pilgub sudah tak ada masalah. “Saat ini surat suara sudah sampai ke panitia pemilih kecamatan [PPK],” jelasnya.

Kebutuhan surat suara pada pelaksanaan Pilgub Jateng sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 27,3 juta lembar. Namun, KPU melakukan langkah antisipasi dengan menambah 2,5 persen dari kebutuhan surat suara atau sebanyak 28,5 juta lembar.

Debat Pilgub

Lebih lanjut Fajar menyatakan, untuk pelaksanaan Pilgub Jateng telah menyiapkan sebanyak 61.951 tempat pemungutan suara (TPS). “Di setiap TPS nantinya juga disediakan alat bantu templet untuk pemilih yang mengalami cacat buta,” tandasnya.

Menurut dia persiapan pelaksanaan Pilgub Jateng 26 Mei mendatang secara umum sudah tidak ada permasalahan krusial. KPU hanya tinggal melaksanakan satu kali debat pasangan cagub-cawagub yang dijadwalkan pada 21 Mei mendatang di Gumaya Tower Hotel, Semarang.

“Kami tinggal menunggu hari H pencoblosan Pilgub Jateng, semoga semua berjalan lancar,” katanya berharap.

Anggota KPU Jateng, Nuswantoro Dwiwarno menambahkan pelaksana debat cagub-cawagub akan disiarkan secara langsung oleh Metro TV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya