SOLOPOS.COM - Logo X Factor Indonesia (xfactorindonesia.com)

SEMARANG-Tiga pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub), menandatangani deklarasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng bermartabat.

Sementara, mengawali kampanye terbuka pilgub, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (8/5/2013) ini, menggelar pemaparan visi dan misi pasangan cagub-cawagub di Gedung DPRD Jateng.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penandatanganan deklarasi Pilgub Jateng bermartabat dilakukan pada upacara Apel Pasukan Pengamanan Pilgub Jateng 2013 di Lapangan Simpang Lima, Kota Semarang, Selasa (7/5).

Upacara dipimpin Kapolda Jateng, Irjen Pol Didiek S Triwidodo dengan dihadiri Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Sunindyo, dan tamu undangan lain.

Cagub Hadi Prabowo yang tidak didampingi wakilnya Don Murdono mengawali penandatangan deklarasi, kemudian pasangan Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo, dan pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sujatmoko.

Ketua KPU Provinsi Jateng, Fajar Subhi, mengatakan penandatangan deklarasi pilgub bermartabat merupakan wujud komitmen pasangan cagub-cawagub untuk melaksanakan kampanye secara damai dan simpatik.

”Menghindari kampanye bersifat provokatif yang bisa menimbulkan perpecahan di masyarakat,” katanya.

Mengenai ketidakhadiran Don Murdono dalam deklarasi itu, Fajar menyatakan tidak masalah, “Pak Don tak hadir, tapi cagub Hadi Prabowo hadir, sehingga tak masalah,” imbuhnya.

Menurut Hadi Prabowo ketidakhadiran Don Murdono, karena sedang ada acara sosialisasi dengan relawan di Banjarnegara. ”Pak Don sejak Senin lalu ada kegiatan sosialisi dengan relawan di Banjarnegara,” ungkap dia.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Didiek S Triwidodo, menyatakan Polri akan mengamankan seluruh tahapan proses Pilgub Jateng. Untuk mengamanakan pelaksanaan pilgub, kata dia, Polda Jateng menggelar Operasi Mantap Praja Candi 2013 sampai 27 Agustus 2013.

“Saya instruksikan kepada seluruh anggota Polri yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Candi agar selalu sigap dalam mengantisipasi dan menindak setiap pelanggaran,” ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Kapolda mengucapkan terima kasih kepada Kodam IV/Diponegoro dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng yang mendukung pengamanan Pilgub Jateng dengan menerjunkan anggota TNI dan petugas perlindungan masyarakat (linmas).

“Kita semua berharap pelaksanaan Pilgub Jateng pada 26 Mei mendatang berlangsung aman, sehingga masyarakat bisa datang ke tempat pemungutan suara [TPS] dengan aman,” ungkap Kapolda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya