SOLOPOS.COM - Logo Pilgub Jateng

Logo Pilgub Jateng

SEMARANG-Masyarakat masih banyak yang belum mengetahui visi dan misi para pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jateng.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Padahal pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng pada 26 Mei 2013 tinggal menghitung hari. Beberapa warga Kota Semarang saat ditanya Solopos.com, tentang visi dan misi pasangan cagub-cawagub Jateng mengungkapkan ketidaktahuan.
“Meski saya mengetahui nama pasangan cagub-cawagub, tapi tak mengetahui apa visi dan misinya,” ujar Dewi di Semarang, Rabu (15/5/2013).
Perempuan yang bekerja pada sebuah penerbitan koran di Semarang ini, mengaku tidak mengikuti perkembangan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013.
“Saya juga belum tahu akan memilih siapa pada pilgub mendatang,” imbuh ibu dari dua orang anak ini.
Direktur Lembaga Lembaga Studi Pers dan Informasi (Lespi) Semarang, Anto Prabowo juga mengungkapkan tidak mengetahui visi dan misi pasangan cagub-cawagub Jateng.
Dia mengaku tidak tertarik mengikuti Pilgub Jateng, karena tiga cagub yang ada kurang menarik. ”Cagub yang maju bukan murni kader partai politik, meski PDIP mengusung kader Ganjar Pranowo, tapi kualitasnya masih kurang dibandingkan yang lain,” beber dia.
Semestinya, kata Anto, parpol mengajukan kader yang berkualitas untuk maju sebagai cagub, sehingga menghasilkan pemimpin yang berkualitas pula.
“Sekarang ada kecenderungan parpol hanya sebagai makelar meminta imbalan uang untuk mengusung seorang calon,” ujarnya.
Terpisah pengamat komunikasi politik Semarang, Rofiudin, mengatakan, belum diketahuinya visi dan misi para cagub-cawagub oleh publik karena sosialisasinya tak maksimal.
“Sosialisasi visi dan misi dari para cagub-cawagub dan Komisi Pemilihan Umum [KPU] selaku penyelenggara Pilgub tak maksimal,” ungkap dia.
Dabat cagub yang digelar KPU Jateng, kata dia, seharusnya bisa digunakan untuk menyampaikan visi dan misi, tapi karena keterbatasan waktu tak bisa maksimal.
“Pasangan cagub-cawagub tak bisa maksimal menyampaikan visi dan misi membangun Jateng karena keterbatasan waktu,” imbuhnya.
Menurut dia, visi dan misi tersebut sangat penting bagi masyarakat untuk menentukan pilihan kepada pasangan cagub-cawagub.
Karena dari visi dan misi tersebut bisa diketahui program kerja yang akan dikerjakan calon bersangkutan bila terpilih menjadi gubernur.

“Bagi masyarakat perkotaan visi dan misi cagub-cawagub sangat penting untuk menentukan pilihan, memang bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan cenderung tak mempedulikan,” ujar lulusan magister Ilmu Komunikasi Univeristas Diponegoro (Undip) Semarang ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya