SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO —  Sejumlah instansi dari kepolisian dan pemerintah kota (pemkot) berkoordinasi untuk pengaturan lalu lintas jalan di sekitar Gelora Manahan Solo, Sabtu (13/4/2013). Koordinasi lintas instansi itu bertujuan untuk mengantisipasi pelaksanaan deklarasi calon gubernur (cagub)-calon wakil gubernur (cawagub) Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko, Minggu (14/4/2013).

Satuan polisi lalu lintas (satlantas) Polresta Solo menyiapkan parkir bus, kendaraan roda empat dan motor di sejumlah lokasi. Pengaturan lalu lintas dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan arus lalu lintas. Kanit Laka, AKP Warsono, mewakili Kasatlantas, Kompol Matrius, saat ditemui wartawan, Sabtu siang, mengatakan deklarasi cagub-cawagub itu bakal menghadirkan 25.000 orang. Untuk kebutuhan parkir bus, kata dia, Satlantas akan memanfaatkan Jl A Yani sisi timur dari perempatan Manahan sampai ke Panti Waluyo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Selain itu, kami juga memanfaatkan Jl Sam Ratulangi dan Jl Hasanudin untuk area parkir. Sepanjang jalan sekitar patung kuda sampai jalan depan Dishub [Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika] juga untuk parkir bus. Kapasitas parkir bus bisa mencapai 225 bus. Sedangkan untuk parkir kendaraan roda empat disiapkan di 14 titik, yakni dengan memanfaatkan halaman sekolah-sekolah, asrama polisi, kampus UNS dan seterusnya dengan kapasitas 345 mobil. Sementara parkir motor dipusatkan dii halaman Gelora dengan kapasitas 1.500 motor,” terangnya mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Asjima’in.

Menurut dia, sepanjang Jl Adi Sucipto dari pertigaan videotron Manahan ke barat sampai perempatan Manahan bebas parkir. Lalu lintas di sepanjang jalan itu masih dibuka untuk umum. Lalu lintas di sejumlah jalan yang digunakan untuk parkir juga tetap berjalan dengan sistem buka tutup.

“Dari Satlantas akan dikerahkan 200 personel. Acaranya mulai pukul 09.00 WIB. Namun, sejak pukul 08.30 WIB, kami sudah siaga. Selain aparat kepolisian, sejumlah personel dari Dishub dan Satpol PP [Satuan Polisi Pamong Praja] juga dikerahkan,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya