SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SEMARANG — Angka golongan putih (golput) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013 diperkirakan masih cukup tinggi, yakni di atas 40%. Perkiraan ini diungkapkan pengamat politik Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, Joko J Prihatmoko kepada wartawan di Semarang, Rabu (20/2/2013).

Indikasinya, ujar dia, dari fakta di lapangan sampai sekarang masih banyak masyarakat, terutama yang tinggal di pedesaan belum mengetahui pelaksanaan Pilgub Jateng pada 26 Mei 2013. Masyarakat juga belum mengetahui siapa nama calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Padahal pelaksanaan pilgub tinggal tiga bulan. Dengan kondisi ini saya memperkirakan tingkat pertisipasi masyarakat akan rendah atau istilahnya angka golput tinggi sekitar 40%,” bebernya.

Sebelumnya, pada Pilgub Jateng 2008 silam angka golput sebesar 45%, lebih tinggi dibandingkan perolehan suara pemenang yakni pasangan Bibit Waluyo-Rustriningsih, sebesar 44 persen.

Lebih lanjut, Joko menyatakan mumpung masih ada waktu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng selaku penyelenggara pilgub, harus menggiatkan sosialisasi Pilgub Jateng. Sosialisasi ini harus bisa menjangkau semua lapisan masyarakat, termasuk di pedesaan yang jumlah cukup besar.

“Serta yang tidak kalah pentingnya partai politik (parpol) segera mengumumkan bakal cagub dan cawagub yang akan diusung,” ujarnya.

Sebab, lanjut dia, kalau rakyat tidak mengetahui figur cagub dan cawagub yang akan dipilih pada pilgub mendatang, maka juga akan malas mendatangi tempat pemungutan suara (TPS).

“Jadi parpol juga ikut berperan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada pilgub mendatang, dengan segera mengumumkan cagub dan cawagub yang memiliki kredibel,” ungkap Joko.

Sementara, Ketua KPU Jateng Fajar Subhi, menyatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi Pilgub sampai ke pedesaan saat dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data penduduk pemilihan potensial pemilu (DP4). Sehingga, menurut dia, rakyat Jateng sebenarnya sudah mengetahui akan adanya pelaksanaan pilgub pada 26 Mei 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya