SOLOPOS.COM - Rustriningsih (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Rustriningsih (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

SEMARANG–Wakil Gubernur (Wagub) Jateng, Rustriningsih resmi mendeklarasikan sebagai calon gubernur (cagub) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013-2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Deklarasi ini ditandai Rustriningsih dengan mengambil formulir pendaftaran cagub di Kantor DPD PDIP Jateng Panti Marhaen Jl Brigjen Katamso, Kota Semarang, Rabu (5/9/2012).

“Saya hari ini mendaftar sebagai cagub melalui PDIP,” katanya didampingi suaminya Soni A Saleh Nuryanto.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia diterima Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Nuniek Sriyuningsih dan petugas pendaftaran cagub dan cawagub, Baginda.

Kedatangan Rustri, panggilan akrab Rustriningsih, juga didampingi puluhan pendukung yang datang dari pelbagai daerah misalnya Pati, Kebumen, Grobogan, dan Semarang.

Para pendukung memakai kaos putih bertuliskan I Love U Full di tengahnya bergambar foto Rustriningsih dan lambang PDIP.

Mengenai makna tulisan I Love U Full yang mengutip lirik lagu almarhum musisi nyentrik Mbah Surip, Rustri menyatakan sebagai bentuk kecintaan kepada PDIP.

“I Love U Full sebagai ungkapan puncak kecintaan saya kepada PDIP,” tandas mantan Bupati Kebumen ini.

Menurut ia, keputusan mendaftar cagub setelah mendapatkan dorongan sejumlah pihak, tokoh masyarakat, tokoh, sesepuh, dan kader partai.

Serta tak kalah pentingnya juga mendapatkan dukungan Ketua Umum DPP PDIP Megawati dan Sekjen Tjahjo Kumolo.
Dukungan Megawati kepada Rustri diungkapkan secara informal pada rapat koordinasi pemenangan pasangan Jokowi-Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Jakarta 2 September 2012.

“Ibu Mega bilang ambil-ambil mbak [formulir pendaftaran cagub PDIP Jateng],” katanya menirukan perintah Megawati.

Proses pendaftaran sempat tertunda beberapa menit, karena lampu Kantor PDIP mendadak padam. Kondisi menimbulkan berbagai komentar, termasuk  adanya sabotase.

Menjawab wartawan dalam jumpa pers seusai menerima fomulir pendaftaran cagub, Rustri menegaskan kesiapannya bertarung dengan cagub lain termasuk incumbent Gubernur Jateng, Bibit Waluyo.

“Saya siap bersaing dengan cagub siapa saja, termasuk kesiapannya menghadapi risiko dan konsekuensi yang terjadi,” ujarnya.

Setelah resmi mencalonkan sebagai cagub dari PDIP, Rustri menambahkan, segera akan melaporkan kepada Bibit Waluyo.

“Secepatnya saya akan menghadap secara khusus kepada gubernur, melaporkan dan meminta izin sebagai cagub,” ungkapnya.

Menanggapi keinginan sutradara film nasional Garin Nugroho menginginkan mendampingi sebagai calon wakil gubernur (cawagub), Rustri memberikan apresiasi.

“Saya dan Garin Nugroho bersahabat, tapi saya tak bisa memutuskan karena kewenangan penentuan cawagub ada di DPP PDIP,” ujarnya.

Pada hari terakhir pendaftaran PDIP, Rabu, beberapa tokoh juga mengambil formulir pendaftaran cagub dan cawagub. Mereka antara lain Bupati Purbalingga Heru Sujatmoko, mantan Bupati Wonogiri Begug Poernomosidi, Ketua Pemuda Pancasila Budi Supriyanto, dan anggota DPR RI Ganjar Pranowo.

“Sampai terakhir pendaftaran pukul 16.00 WIB Rabu (4/9), tercatat 21 orang mengambil formulir pendaftaran cagub dan cawagub,” ujar petugas pendaftaran PDIP, Baginda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya