SOLOPOS.COM - Foto: Dokumentasi

Foto: Dokumentasi

SEMARANG-Sebanyak 20 orang resmi mendaftar calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013 melalui PDIP.  Nama-nama tersebut nantinya dikirimkan ke DPP PDIP untuk mendapatkan rekomendasi.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Salah satu pendaftar cagub, Don Murdono yang saat ini juga aktif sebagai Bupati Sumedang meminta agar DPP PDIP hanya memberikan rekomendasi kepada cagub/cawagub yang mendaftar di DPD PDIP Jateng.

”Kalau nantinya rekomendasi DPP di luar yang mendaftar di DPD PDIP Jateng berarti di luar mekanisme dan ada kejanggalan,” ujar dia, di Semarang,  Rabu  (12/9/2012).

Mantan Pangdam IV/Diponegoro Mulhim Asyrof yang datang hanya didampingi istrinya, menyatakan serius mendaftar cagub lewat PDIP. ”Kalau tak serius saya tak mengembalikan formulir cagub,” kata dia singkat.

Ketua DPD Gerindra Jateng, Abdul Wachid yang mendaftar cawagub lewat PDIP  mengungkapkan mendaftar cawagub sudah melalui mekanisme partai. ”Seluruh DPC, DPAC dan Anak Ranting Gerindra di Jateng 100% mendukung saya maju cawagub di PDIP,” tandas dia.

Ganjar Pranowo, pengurus DPP PDIP yang juga ikut mendaftar menyatakan meski dia telah menjadi anggota DPR dan tinggal di Jakarta, peluang mendapatkan rekomendasi cagub DPP PDIP sama dengan calon lainnya.

”DPP akan objektif dengan mempertimbangkan elektabilitas calon bersangkutan,” ujar politisi kelahiran Karanganyar ini.

Sekretaris DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng, di Semarang, Rabu (12/9),  mengatakan sebenarnya yang mengambil formulir pendaftaran cagub dan cawagub sebanyak 21 orang. Namun hingga pukul 16.00 WIB yang mengembalikan formulir 20 orang.

Sebanyak 10 orang mengembalikan pendaftaran di Kantor DPD PDIP Jateng. Mereka yakni  pengusaha Hj Siti Fatimah [cawagub], Ketua DPD Hanura Jateng, Djoko Besariman [cagub dan cawagub], Bupati Sumedang , Don Murdono [cagub].

Pengusaha Riyanta [cagub], Bupati Purbalingga, Heru Sudjatmiko [cawagub], Pandji Weskantio [cawagub], Ketua MPW Pemuda Pancasila Jateng, Budi Supriyanto [cagub], Ketua DPD Gerindra Jateng, Abdul Wachid [cawagub], mantan Pangdam IV/Diponegoro, Mulhim Asryof [cagub] dan anggota FPDIP DPR Ganjar Pranowo [cagub].

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya