SOLOPOS.COM - Bibit Waluyo (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Bibit Waluyo (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Solo menyatakan menolak pengusulan Bibit Waluyo sebagai calon Gubernur (cagub) Jawa Tengah (Jateng) yang diusung oleh PPP berkoalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN). DPC PPP Solo menilai pengusulan Bibit tidak tepat.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Ketua DPC PPP Solo, Arif Sahudi, secara tegas menolak pengusungan Bibit sebagai cagub tersebut. Arif menilai kepemimpinan Bibit selama ini mengecewakan.

“Pak Bibit saya akui orang yang baik dan jujur. Tetapi sebagai pemimpin dia tidak tepat, terbukti kepemimpinannya mengecewakan,” katanya kepada wartawan, Selasa (23/10/2012).

Selain itu, DPC juga menolak koalisi dengan PAN. “Pengalaman koalisi di 2008 [pemilihan gubernur Jawa Tengah] lalu gagal mengusung calon. Kok ini diulangi lagi,” terangnya.

Arif menambahkan daripada menguras tenaga untuk mengusung Bibit pada Pilkada Jateng 2013, DPC PPP Solo mengusulkan ke DPW agar lebih berkonsentrasi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014. “Lebih baik pilgub [pemilihan gubernur] menjadi pendukung saja. Konsentrasi ke pileg,” ujarnya.

Guna menyampaikan penolakan tersebut, DPC PPP Solo melayangkan surat ke DPW, Selasa. “Surat sudah kami poskan, kami tidak tahu untuk DPC yang lain, yang jelas PPP Solo menyatakan menolak. Kalaupun tetap mengusulkan kami mengimbau mencari sosok yang lain,” tegasnya.

Disinggung sebelumnya terjadi komunikasi dengan DPW, Arif menyatakan belum ada. Seharusnya, lanjut Arif, sebelum keputusan tersebut final ada rapat pimpinan wilayah (rapinwil) membahas sikap PPP terkait Pilkada Jateng 2013. “Kalau pun nanti ada rapinwil dan memutuskan mengusung Bibit berkoalisi dengan PAN, kami tetap menolak,” tuturnya.

Terpisah, Koordinator Wilayah PPP Surakarta, Mudrik Sangidoe, menuturkan pihaknya telah menanyakan ke pimpinan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Jateng terkait pengusungan tersebut. Hasilnya, DPW belum memastikan mengusung Bibit sebagai calon Gubernur Jateng.

“Setelah saya tanyakan memang belum ada kejelasan dari DPW. Jadi sampai saat ini belum pasti mengusung Bibit,” ungkapnya.

Dijelaskan Mudrik, meskipun nantinya DPW benar mengusung Bibit, Mudrik memastikan PPP Solo tetap menolak. “Yang jelas, kami menolak kalau PPP mengusung Pak Bibit,” ujarnya.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Solo menyatakan menghormati keputusan DPW PAN Jateng. Umar menerangkan secara hierarki jika hal itu sudah menjadi keputusan, maka struktur yang ada di bawah mengamankan keputusan tersebut. “Kalau itu memang sudah keputusan, kami sifatnya mengamankan saja,” terangnya.

Hanya saja, sampai saat ini belum ada komunikasi dari DPW PAN Jateng terkait pengusulan tersebut. Komunikasi, lanjutnya, tidak harus dilakukan guna persetujuan pengusulan Bibit sebagai cagub. “Kami belum sampai pada tahap untuk menanyakan ke DPW,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya