SOLOPOS.COM - Ilustrasi (kpukabpati.com)

Ilustrasi (kpukabpati.com)

SEMARANG – DPD I Partai Golkar Jateng akan menjajaki berkoalisi dengan PDIP pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013. Bendahara DPD I Partai Golkar Jateng, Sasmito, mengatakan, koalisi dengan PDIP sangat memungkinkan karena sama-sama partai nasionalis. “Kami akan melakukan penjajagan dengan DPD I PDIP Jateng untuk berkoalisi pada pilgub mendatang,” katanya, Senin (5/11/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Semisal koalisi bisa terlaksana, lanjut dia, untuk calon gubernur (Cagub) diserahkan kepada PDIP, sedang calon Koalisi PG dan PDIP, menurut Sasmito, diyakini merupakan koalisi yang kuat dan akan memenangi Pilgub. Sebab mesin PG dan PDIP dikenal sangat kampak dan solid, sehingga bisa mencapai hasil maksimal dalam Pilgub. “Kalau koalisi ini [PG dan PDIP] terwujud, berpeluang untuk memenangi Pilgub Jateng,” tandas anggota DPRD Jateng ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Mengenai pasangan Cagub dan Cawagub yang nantainya akan diusung, Sasmito, menyatakan belum berbicara nama dulu. Hanya saja, Ketua DPD I PG Jateng, Wisnu Suhardono sebelumnya telah sudah berkomunikasi dengan sejumlah bakal cagub yang telah muncul ke publik. “Kita tidak bicara dulu siapa yang akan diusung sebagai pasangan cagub dan cawagub. Tapi membahas koalisi dulu,” tandasnya.

Terpisah, Sekretaris DPD I PDIP Jateng, Agustina Wilujeng, menyatakan pihaknya belum melangkah membangun koalisi dengan partai politik (parpol) dalam Pilgub mendatang. Menurut dia, untuk membangun koalisi dengan parpol merupakan kebijakan dari DPP PDIP, yang sampai sekarang belum ada instruksi untuk berkoalisi dengan parpol tertentu. ”Kami masih menunggu instruksi dari DPP, sehingga belum melangkah berkoalisi dengan parpol,” ujar dia.

Mengenai kemungkinan berkoalisi dengan DPD PG Jateng, Agustina, menyatakan tergantung dari kebijakan DPP PDIP. Kalau nantinya DPP menginstruksikan untuk berkoalisi dengan PG, maka DPD PDIP Jateng akan melaksanakan. “Kalau intruksi DPP harus berkoalisi dengan PG ya akan kami laksanakan, termasuk berkoalisi dengan parpol lainnya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya