SOLOPOS.COM - Bibit Waluyo (kiri) dan Hadi Prabowo. (JIBI/SOLOPOS/Antara/Agoes Rudianto)

Bibit Waluyo (kiri) dan Hadi Prabowo. (JIBI/SOLOPOS/Antara/Agoes Rudianto)

SEMARANG – DPP PDIP akan memanggil Gubernur Jateng, Bibit Waluyo untuk menjalani fit and proper test sebagai calon gubernur (cagub) pada Pilgub Jateng 2013. Undangan itu diterbitkan meski menurut Sekretaris DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng, Bibit Waluyo tak mendaftar pada penjaringan cagub dan calon wakil gubernur (cawagub) yang digelar DPD PDIP Jateng beberapa waktu lalu.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

“Bibit Waluyo memang tak mendaftar melalui DPD PDIP, tapi namanya diusulkan oleh salah satu DPC PDIP, sehingga ada kemungkinan akan dipanggil DPP untuk menjalani fit and proper test,” ungkap dia kepada wartawan di Semarang, Kamis (20/12/2012). Selain Bibit, lanjut dia, DPP PDIP kemungkinan juga akan memanggil Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jateng, Hadi Prabowo, Ketua Kamar Dagang dan Indutri Daerah (Kadinda) Jateng, Kukrit Suryo Wicaksono, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo serta lainnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Agustina, nama Sekda diketahui mendaftar langsung ke DPP, sedang Ketua Kandinda Jateng dan Walikota Solo diusulkan oleh DPC PDIP sebagai cagub. “Penjaringan cagub dan cawagub PDIP melalui tiga jalur, yakni DPD, DPC, dan DPP. Semua calon akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan [fit and proper test] sebelum mendapatkan rekomendasi,” bebernya.

Pemanggilan terhadap Bibit, Hadi Prabowo, Kukrit, FX Hadi Rudyatmo, menurut Agustina dijadwalkan pada pekan depan.
“Pemanggilan dilakukan setelah DPP mengelar rapat pleno pada Jumat [21/12],” tandasnya. Dia menambahkan, untuk bakal cagub dan cawagub yang mendaftar melalui DPD PDIP telah menjalani fit and proper test di Kantor DPP Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Rabu (19/12/2012).

Menurut dia, dari 19 orang yang mendaftar cagub-cawagub yang hadir mengikuti uji kepatutan dan kelayakan hanya 13 orang. “Ada enam orang tak hadir dengan berbagai alasan, misalnya sakit, mengundurkan diri dan lainnya,” ujarnya.
Calon yang mengundurkan diri yakni Ketua DPD Gerindra Jateng, Abdul Wachid yang mendaftar cawagub.

Terpisah, Ketua DPW PPP Jateng, Arief Mudatsir Mandar, menyatakan kalangan partai politik (parpol) masih menunggu rekomendasi cagub-cawagub PDIP. ”Karena PDIP yang secara terbuka melakukan penjaringan cagub-cawagub sehingga hasilnya ditunggu tak hanya parpol, tapi juga masyarakat,” katanya. Mengenai PPP sendiri, lanjut dia, belum menetapkan akan mendukung cagub siapa, sebab masih melakukan komunikasi dengan calon dan parpol lain.

Mengenai pencalonan dirinya sebagai cagub, Arief, menyatakan bukan sebagai harga mati, karena PPP tak bisa mengusung calon sendiri. ”Tergantung perkembangan politik yang ada. Mudah-mudah PPP pada awal Januari 2013 sudah bisa menentukan sikap tentang koalisi dan calon yang akan diusung,” ujar dia. Terkait rencana koalisi dengan PAN, dia menyatakan sampai sekarang tak menunjukan perkembangan yang lebih baik. ”Untuk itu kami melakukan komunikasi dengan partai lain seperti dengan Partai Golkar, PKB, dan Gerindra,” tandas Arief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya