SOLOPOS.COM - Bibit Waluyo bersama istri (JIBI/SOLOPOS/Insetyonoto)

Bibit Waluyo bersama istri (JIBI/SOLOPOS/Insetyonoto)

SEMARANG – Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sepakat berkoalisi untuk mengusung incumbent Gubernur Jateng, Bibit Waluyo sebagai calon gubernur (Cagub) pada Pilgub Jateng 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dengan koalisi ini, PAN yang memiliki kursi 10 dan PPP tujuh kursi di DPRD Jateng sehingga 17 kursi, sudah memenuhi persyaratan 15 kursi untuk bisa mengusung pasangan calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) sendiri.

Adanya kesepakatan koalisi PAN dan PPP ini diungkapkan juru bicara DPW PAN Jateng, Wahyudin Noor Aly kepada wartawan, Senin (22/10/2012). “Untuk Cagub kami sudah sepakat mengusung Bibit Waluyo sedang cawagub masih dalam pembahasan,” katanya. Belum adanya kesepakatan tentang nama Cawagub ini, lanjut ia, koalisi PAN dan PPP saat ini masih mencapai 99%, sehingga belum bisa dilakukan penandatangan memorandum of understanding (MoU) koalisi.

“Kalau tentang Cawagub, PAN tak memiliki calon dan menyerahkan sepenuhnya kepada cagub untuk memilih orang yang bisa diajak kerja sama,” ujarnya. Mengenai alasan mengusung petahana Bibit Waluyo, menurut Goyut, panggilan Wahyudin Noor Aly antara lain, karena telah memiliki pengalaman sebagai gubernur.

Masyarakat tingkat bawah bisa menerima program Bali Ndeso Mbangun Desa, terbukti tidak ada yang keberatan dan menolak.
“Karena bakal Cagub lain sudah ada yang memfasilitasi, sedang Bibit Waluyo belum ada, sehingga PAN dan PPP memfasilitasi supaya pada Pilgub Jateng mendatang calonnya tak tunggal,” bebernya. Dia menambahkan tim dari PAN dan PPP, pada Jumat (19/10/2012) malam, telah melakukan pertemuan dengan Bibit Waluyo di rumah dinas gubernur Puri Gedeh, Gajah Mungkur, Semarang. “Bibit Waluyo menyatakan kesediannya diusung PAN dan PPP sebagai cagub pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng mendatang,” tandas Goyut.

Terpisah, Ketua DPW PPP Jateng, Arif Mudatsir Mandan, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kesepakatan berkoalisi dengan PAN, tapi belum final. Menurut dia, masih ada beberapa hal yang masih harus dibicarakan lagi, terutama menganai nama bakal Cawagub. “PPP sepakat dengan PAN yang mengusung cagub Bibit Waluyo, namun untuk Cawagub belum setuju sehingga masih harus dibicarakan lagi,” ujar dia.

Untuk posisi Cawagub, ujar dia, PPP ada beberapa nama alternatif yang layak diusung mendampingi Bibit. “Masih dibicarakan nama bakal cawagub. PPP sudah kooperatif,” tandas dia tanpa menyebutkan nama. Sebelumnya Ketua Umum DPP PPP Suryadharma Ali, menyebutkan PPP akan mengusung Arif Mudatsir Mandan sebagai Cagub atau Cawagub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya