SOLOPOS.COM - Megawati Soekarnoputri (JIBI/dok)

Megawati

SEMARANG–Ketua Umum PDIP, MegawatiSoekarnoputri menyatakan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jateng yang telah mendaftar di PDIP akan diberlakukan penyaringan melalui psikotes dan lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jadi akan dirapatkan DPP, bukan hanya kepuasan saya dan Puan saja,” tandasnya dalam acara Pemantapan Tiga Pilar Partai digelar DPD PDIP Jateng di GOR Jatidiri, Jatingaleh, Kota Semarang, Senin (1/10/2012).

Disinggung apakah dalam Pilgub Jateng akan melakukan koalisi dengan Partai Gerindra sebagaimana pada Pilgub di DKI Jakarta, Megawati menyatakan belum pasti.

”Koalisi dengan Gerindra bukan koalisi permanen, sehingga tak harus selalu berkoalisi, bisa saja dengan partai politik lain,” ungkap Megawati.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dalam gelaran pemantapan itu, Gubernur Bibit Waluyo yang sebelumnya diusung PDIP tidak hadir, karena tidak diundang.

Mengenai hal ini pengamat politik Undip Semarang, Teguh Yuwono menyatakan tidak diundangnya Bibit Waluyo dalam acara tersebut mengindikasikan PDIP sudah menutup peluang mengusung Bibit pada Pilgub Jateng mendatang.

Dengan kondisi ini, lanjut dia, kalau Bibit ingin maju menjadi calon gubernur (cagub) pada Pilgub 2013 harus mencari kendaraan partai politik lain. ”Namun menurut saya kalau Pak Bibit komitmen ingin menjadi gubernur rakyat, sebaiknya melalui jalur independen,” ujar dia.

Meski menurut Teguh,  bila Bibit tak maju lewat PDIP peluang untuk terpilih lagi pada Pilgub Jateng 2013 sangat kecil. “Kalau tidak lewat PDIP, memang peluang Bibit untuk menang kecil. Sebab hanya PDIP yang mesin politik yang solid sampai tingkat bawah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya