SOLOPOS.COM - Mayjen TNI Suwarno (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Mayjen TNI Suwarno (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SEMARANG —  Satu lagi calon gubernur (Cagub) Jateng menyatakan kesiapan bertarung pada Pilgub Jateng 2013. Mantan Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suwarno, akan maju sebagai calon gubenur (cagub) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013. Untuk maju sebagai cagub, menurut dia, sudah melakukan komunikasi dengan beberapa pimpinan partai politik (parpol) berlatar belakang agama dan nasionalisme.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ada dua parpol yang akan mendukung saya [sebagai cagub]. Dukungannya sudah 85 persen,” katanya kepada wartawan seusai membuka Forum Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Jateng di Semarang, Rabu (26/12/2012).

Mengenai nama parpol itu, Suwarno enggang mengungkapkan kepada pers dengan alasan tidak etis, “Belum etis juga kalau disebutkan sekarang,” imbuhnya.

Hanya saja, Wakil Ketua Umum KONI Pusat Bidang Pembinaan Olahraga dan Pendidikan ini, meyebutkan dua parpol itu berlatar belakang agama.Menurut informasi dari berbagai sumber, dua parpol itu adalah PPP dan PKB.

Disinggung kapan dua parpol tersebut secara resmi akan mendeklarasikan dukungan terhadap dirinya, Suwarno menyatakan dalam waktu dekat. “Kira-kira paling lambat pekan pertama Januari 2013,” tandasnya mantan Komandan Pasukan Pengamananan Presiden ini.

Lebih lanjut, dia, mengungkapkan modal yang dimiliki untuk maju sebagai cagub Jateng yakni keinginan keras dan dukungan dari banyak pihak.

Dia mengaku mendapatkan dorongan dan dukungan dari kalangan kiai dan ulama di Jateng. Bahkan beberapa ulama sempat menemui dirinya di Jakarta untuk memberikan dorongan maju sebagai cagub.

“Saya sebenarnya tak pernah berpikir meramaikan bursa cagub Jateng, tapi setelah beberapa kiai dan ulama dari Jateng menemui dan mendorong, akhirnya bertekad maju,” bebernya.

Untuk menuju ke popularitas, sambung Suwarno, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi memperkenalkan diri kepada masyarakat Jateng.

”Sebenarnya saya ini orang Jateng, tapi memang jarang berdinas di Jateng,” kata pria kelahiran Purworejo ini.

Tentang program kerja yang akan diusung, Suwarno yang sekarang menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Kementerian Pertahanan (Kemenhan), menyatakan akan menjadikan desa sebagai basis ekonomi.

”Desa harus dijadikan obyek sekaligus subyek pembangunan. Kalau ini bisa dioptimalkan ke depan Jateng labih baik,” tandasnya.

Terpisah, Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jateng, Arief Mudatsir Mandar, membenarkan kalau mantan Pangdam V/Brawijaya tersebut telah melakukan komunikasi dengan dirinya.

”Kami sudah bertemu dan berkomunikasi dengan Pak Suwarno serta menghargai pendekatan ke parpol,” ujar dia ketika dihubungi Solopos.com di Semarang, Rabu sore.

Hanya saja, Arief belum bisa memastikan apakah akan mendukung Suwarno atau tidak, karena sampai sekarang PPP belum mengambil keputusan tentang pasangan cagub dan calon wakil gubernur (cawagub) yang akan akan diusung pada pilgub Jateng mendatang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya