SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

WONOGIRI – Pemkab Wonogiri, dengan dukungan dana dari Pemprov Jawa Tengah (Jateng), menyiapkan anggaran Rp516 juta untuk memberikan honor bagi anggota perlindungan masyarakat (linmas) yang bertugas selama Pemilihan Gubernur (Pilgub) 26 Mei 2013.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Anggota linmas yang berjumlah 6.035 orang tersebut akan menerima honor Rp40.000-Rp50.000/hari. Honor diterimakan selama dua hari, sesuai masa tugas anggota linmas, yakni pada 25-26 Mei 2013. Kepala Bidang (Kabid) Linmas, Suwarso, mewakiki Kepala Kesatuan Kebangsaan Politik dan Linmas Wonogiri, Gatot Gunawan, menjelaskan pihaknya telah menyiapkan data personel yang kelak akan bertugas selama Pilgub. “Sudah kami siapkan. Personelnya, termasuk honornya,” ungkap Suwarso, kepada Solopos.com, Selasa (12/2/2013).

Dia menjelaskan honor bagi petugas linmas selama Pilgub disokong APBD kabupaten dan APBD provinsi. APBD kabupaten disiapkan senilai Rp170 juta untuk memenuhi honor bagi linmas di desa/kelurahan sebanyak lima orang dan kecamatan sebanyak 10 orang. Sedangkan dari APBD provinsi senilai Rp345 juta khusus disiapkan untuk memenuhi honor linmas yang bertugas di 2.150 tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing sebanyak dua orang dan di kabupaten sebanyak 30 orang. Suwarso memastikan jumlah personil di Wonogiri mencukupi untuk memenuhi kebutuhan jumlah linmas selama perhelatan Pilgub.

Lebih jauh, Suwarso menambahkan personel linmas memiliki tugas penting dalam Pilgub karena mereka harus mengawal distribusi logisik sejak sehari sebelum hari pemilihan, menjaga logistik dan keamanan lokasi sampai memastikan kotak suara aman sampai dilakukan penghitungan. “Untuk tugas detailnya belum ada penjelasan. Maret nanti dijadwalkan 150 orang perwakilan linmas akan berangkat ke Semarang untuk menerima penjelasan,” ujarnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Joko Purnomo, menegaskan tugas-tugas anggota linmas sangat penting dalam mendukung kegiatan Pilgub. Dia mengatakan anggota linmas memang bertugas di luar TPS dan dilarang ikut campur, namun mereka punya tugas penting mengamankan logistik dan kotak suara sampai dilakukan penghitungan. Joko membenarkan pihaknya telah menetapkan jumlah TPS sebanyak 2.150 orang. Dia berharap personel linmas Wonogiri cukup untuk memenuhi jumlah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya