SOLOPOS.COM - (Dari Kiri) Ganjar Pranowo, Don Murdono, Rustriningsih, para kandidat kuat Bacagub PDIP dalam Pilgub Jateng. (JIBI/SOLOPOS/dok)

(Dari Kiri) Ganjar Pranowo, Don Murdono, Rustriningsih, para kandidat kuat Bacagub PDIP dalam Pilgub Jateng. (JIBI/SOLOPOS/dok)

SEMARANG – Kandidat nama bakal calon gubernur (Bacagub) Jateng 2013 yang akan diusung PDIP, saat ini diketahui mengerucut pada tiga nama, yakni Ganjar Pranowo, Rustriningsih, dan Don Murdono.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ganjar Pranowo ketika dimintai konfirmasi oleh wartawan di Semarang, Minggu (9/12/2012), tentang kebenaran hal ini, tak menjawab secara tegas. “Saya juga mendapat informasi demikian. Menurut saya, idealnya DPP PDIP memberikan rekomendasi bacagub kepada kader partai,” katanya.

Meski demikian, dia belum berani memastikan apakah nantinya rekomendasi cagub Jateng, dari Ketua Umum DPP PDIP akan diberikan di antara tiga nama tersebut. Hanya saja, kata anggota Fraksi PDIP DPR ini, baginya siapapun kader yang nantinya mendapat rekomendasi akan didukung sepenuhnya.

”Bagi saya pribadi, tak mendapat rekomendasi tak masalah, dan tetap akan menjadi juru kampanye calon yang diusung PDIP,” tandasnya. Namun, pria kelahiran Karanganyar ini meminta kalau dirinya yang mendapat rekomendasi, kader lain mendukung sepenuhnya. Rustriningsing saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jateng, sedang Don Murdono, menjabat sebagai Bupati Sumedang, Jawa Barat.

Lebih lanjut, Ganjar menyatakan, saat ini DPP PDIP sedang melakukan simulasi pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur (cawagub) yang akan diusung pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013. Pasangan cagub-cawagub itu bisa berasal dari internal kader dengan kader partai, serta kader parai dengan pihak luar atau nonkader.

”DPP sudah melakukan simulasi pasangan cagub-cawagub. Mudah-mudahan Januari 2013 rekemondasai sudah turun,” ujar Wakil Komisi II DPR itu. Sambil menunggu turunnya rekomendasi, Ganjar menyatakan akan melakukan road show di daerah, mengadakan pertemuan dengan pelbagai kelompok masyarakat, semisal petani, perguruan tinggi, ulama, dan lainnya.
”Kegiatan ini saya kemas Ganjar Ngasuh Kawruh. Saya tak memasang poster, tapi langsung terjun ke masyarakat,” tandasnya.

Melalui pertemuan dan dialog secara langsung dengan masyarakat dapat mengetahui permasalahan riil yang dihadapi di lapangan. Dengan demikian, ujar dia, nantinya solusi penangangan yang diambil bisa pas sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. ”Ya meniru sebagian dari kampanye Gubernur DKI Jakarta, Jokowi,” katanya.

Terpisah, fungsionaris desk pemilihan kepala daerah (pilkada) DPP PDIP, Restu Hapsari, menyatakan DPP sangat berhati-hati dalam memberikan rekomendasi cagub Jateng. ”Sebab Jateng marupakan salah satu basis PDIP, sehingga harus dilakukan secara cermat, supaya hasilnya tak mengecewakan,” ujar dia di sela kegiatan psikotes bagi kader PDIP di Jateng, di Semarang, Minggu sore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya