SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk kepentingan Pemilihan Gubernur 2013 kepada KPU Jawa Tengah yang jumlahnya mencapai 29.629.952 jiwa.

“Data tersebut diolah dan diverfikasi berdasarkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan,” kata Gubernur Bibit Waluyo dalam penyerahan DP4 kepada KPU Jawa Tengah di Semarang, Senin (26/11/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Secara keseluruhan, kata dia, berdasarkan pendataan SIAK, jumlah penduduk Jawa Tengah mencapai 39.291.216 jiwa. Dari jumlah tersebut terbagi atas 19.760.317 laki-laki dan 19.530.899 perempuan.

Data tersebut, lanjut dia, diserahkan ke KPU untuk selanjutnya dicek ulang di lapangan sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap. DPT Pilgub 2013, menurut dia, rencananya akan ditetapkan pada 1 April 2013.

Sementara itu, anggota KPU Jawa Tengah Andreas Pandiangan mengatakan lembaga ini memiliki waktu sekitar 30 hari untuk melakukan pencocokan ulang kelengkapan informasi pemilih yang disampaikan.

Ia menjelaskan KPU akan mengerahkan Panitia Pemungutan Suara yang sudah terbentuk untuk melakukan pengecekan hingga tingkat tempat pemungutan suara.

“Mulai 6 Januari 2013 kita akan mulai pencocokan dan penelitian data ini di lapangan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya