SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SEMARANG — Partai Golkar Jateng segera mengumumkan nama pasangan kandidat bakal calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub), yang akan diusung Pilgub Jateng 2013.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar (PG) Jateng, Wisnu Suhardono, mengatakan saat ini nama pasangan bakal cagub dan cawagub masih dalam proses komunikasi dengan partai politik (parpol) lain.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

”Targetnya awal Desember 2012, sudah ada kepastian nama pasangan bakal cagub dan cawagub akan diusung, termasuk koaliasi dengan parpol mana,” katanya kepada wartawan di sela peringatan HUT ke-48 PG di Kantor DPD I PG Jateng Jl Kiai Saleh, Kota Semarang, Sabtu (20/10/2012).

Peringatan yang dihadiri segenap fungsionaris dan kader partai pohon beringin ini, ditandai dengan pemotongan tumpeng, ziarah ke makam Taman Pahlawan Giri Tunggal Semarang, dan pemberian santunan uang kepada beberapa warga.

Lebih lanjut Wisnu menyatakan, pihaknya telah melakukan komunikasi dan pendekatan dengan kalangan parpol lain untuk menjalin koalisi.

Tidak hanya itu, pihaknya juga melakukan pertemuan dan pembicaraan dengan sejumlah kandidat bakal cagub yang telah muncul ke publik.

”Para bakal cagub pada Jumat (19/10/2012), menemui saya di Solo. Mereka menginginkan Partai Golkar ikut mendukung,” ujar dia.

Menurut dia, dalam pertemuan tersebut telah menyampaikan apa yang diinginkan PG kepada bakal cagub, supaya ada kesamaan persepsi dan Golkar nantinya tak dirugikan.

Pada Pilgub Jateng 2013, imbuh dia, karena PG tak bisa mengusung calon sendiri karena hanya memiliki 11 kursi di DPRD Jateng, maka hanya mengincar posisi cawagub.

”Kami sadar diri, tak bisa mengusung cagub sendiri sehingga PG hanya akan menempatkan kader  pada posisi cawagub,” tandasnya.

Mengenai figur yang disiapkan sebagai cawagub, Wisnu masih akan dilakukan seleksi. Cawagub yang akan diusung merupakan kader partai terbaik.

Kader itu bisa mereka yang saat ini menjabat bupati, anggota legislatif, serta pengurus partai.

”Yang jelas bukan Ketua DPD Partai Golkar Jateng [Wisnu Suhardono] atau Bupati Banyumas [H Mardjoko/kakak kandung Wisnu], nanti dikatakan KKN,” ungkapnya.

Sementara menurut sumber di internal Partai Golkar, pada Pilgub Jateng mendatang akan berkoalisi dengan Partai Demokrat yang akan mengusung cagub Bibit Waluyo.

”Makanya PG hanya menginginkan posisi cawagub,” ujar dia.

Terpisah Ketua Umum DPD Partai Demokrat Jateng, Sukawi Sutarip, ketika dikonfirmasi tentang koalisi dengan Partai Golkar, enggan berkomentar.

”Saya ingin bertemu Pak Wisnu [Wisnu Suhardono] dulu,” kata dia singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya