SOLOPOS.COM - Bibit Waluyo (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Bibit Waluyo (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

SEMARANG—Setelah tak mendaftar calon gubernur (cagub) lewat PDIP, Gubernur Jateng, Bibit Waluyo, merapat ke Partai Demokrat. Sekretaris DPD Partai Demokrat Jateng, Dani Sriyanto, ketika dimintai konfirmasi oleh wartawan di Semarang, Jumat (7/9/2012), membenarkan Bibit sudah menjalin komunikasi dengan Demokrat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bibit, menurut Dani, beberapa waktu lalu bahkan sudah mengadakan pertemuan dengan Dewan Pembina DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

”Kalau Pak Bibit nanti tidak mendaftar cagub PDIP, Partai Demokrat siap mengusung beliau,” tegas Dani.

Pertengahan September, sambung Dani, Partai Demokrat akan menggelar rapat koordinasi daerah untuk membahas masalah cagub dan calon wakil gubernur (cawagub) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013.

”Ada beberapa kandidat bakal cagub dan cawagub yang nanti kami undang.”

Sayangnya, Dani belum mau menyebut nama. Partai Demokrat saat ini memiliki 16 kursi di DPRD Jateng. Mereka boleh mengusung pasangan cagub dan cawagub sendiri pada pilgub mendatang.

Terpisah, Ketua Dewan Penasihat Persatuan Perangkat Desa Indonesia, Suryokoco Adiprawiro, salah satu pendaftar penjaringan bakal cagub dan cawagub PDIP, mengklaim didukung kalangan perangkat desa dan pedagang kaki lima (PKL).

“Ketua Umum Parade Nusantara, Pak Sudir Santoso, sudah merestui keputusan saya untuk maju,” kata Suryokotjo saat mengembalikan formulir pendaftaran di Kantor PDIP Jateng, Panti Marhaen, Kota Semarang, Jumat.

Menurut dia, jumlah desa di Jateng berkisar 7.000 hingga 8.000.

“Jika masing-masing desa ada sepuluh perangkat, berapa kalau dikalikan,” ujar Suryokotjo. Belum lagi, lanjut dia, dukungan dari PKL. Meski demikian, dia belum mau mengungkapkan secara detail besaran dukungan yang akan dijadikan modal dalam pencalonan dirinya.

Suryokotjo menjadi pendaftar pertama yang mengembalikan formulir berikut persyaratan yang ditentukan dalam pelaksanaan penjaringan oleh PDIP Jateng. Tokoh lain yang juga mendaftarkan diri yakni Wakil Gubernur Rustriningsih, mantan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen (Pur) Mulhim Asyrof, sutradara film Garin Nugroho, Bupati Klaten Sunarna.

Berikutnya, Bupati Sumedang Don Murdono, Bupati Purbalingga Heru Sujatmoko, Ketua Partai Hanura Jateng Joko Besariman dan Ketua Partai Gerindra Jateng Abdul Wachid. Para pendaftar diberi kesempatan mengembalikan formulir pendaftaran hingga Rabu (12/9/2012) pekan depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya