Tutup Iklan

PILGUB JATENG 2018 : Warga Serengan Solo Gerah Liat Banyak Spanduk Cagub Terpasang di White Area

PILGUB JATENG 2018 : Warga Serengan Solo Gerah Liat Banyak Spanduk Cagub Terpasang di White Area

SOLOPOS.COM - Spanduk dukungan pasangan cagub Jateng di dekat SDN 1 Serengan Jl. Pattimura, Minggu (19/2/2018). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Panwascam Serengan, Solo, mencatat ada belasan spanduk terpasang di area terlarang atau white area.

Solopos.com, SOLO -- Panitia Pengawas Pemilu Kecamantan (Panwascam) Serengan menemukan belasan spanduk dukungan pasangan calon gubernur (cagub) Jateng dipasang di zona terlarang atau white area seperti jalan protokol, perempatan dan taman Kota Solo.

Pemasangan spanduk tersebut dinilai melanggar Peraturan Wali Kota (Perwali) No. 2/2009 tentang Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK). Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwascam Serengan, Agung Hardiyanto, megungkapkan pada Sabtu telah mengecek di tujuh kelurahan di wilayah Kecamatan Serengan.

Pengecekan tersebut berkaitan laporan dari warga yang gerah melihat maraknya spanduk dukungan pasangan cagub Jateng di white area Solo. “Kami langsung menindaklanjuti laporan warga dengan melakukan tindakan di lapangan. Panwascam langsung melakukan tindakan dengan mendata spanduk pasangan cagub Jateng di Serengan,” ujar Agung saat dihubungi Solopos.com, Minggu (19/2/2018).

Agung menjelaskan dari pendataan di lapangan ada belasan spanduk yang diketahui dipasang di white area seperti jalan protokol, perempatan, dan taman. Bahkan ada spanduk yang dipasang di samping SDN 1 Serengan Jl. Pattimura. Panwascam juga menemukan ada spanduk dukungan pasangan cagub dipasang di dekat tempat ibadah.

“Kami sudah selesai mendata di tujuh kelurahan. Hasil pendataan diserahkan kepada pihak terkait seperti Satpol PP Solo dan KPU [Komisi Pemilihan Umum],” kata dia.

Ia menjelaskan sesuai aturan pihak yang memiliki kewenangan penertiban spanduk itu adalah Satpol PP. Panwascam berharap dalam waktu dekat ada tindak lanjut dari Satpol PP untuk menertibkan spanduk-spanduk itu.

“Kami akan terus memantau situasi di lapangan agar jumlah spanduk pasangan cagub Jateng tidak manjamur di Kota Solo. Hanya KPU Solo yang diperbolehkan memasang APK sesuai aturan yang berlaku,” kata dia.

Seorang warga Serengan, Firman Maulana, meminta Satpol PP dan Panwaslu Kota Solo bertindak tegas menertibkan spanduk cagub di Solo. Pemasangan dukungan pasangan cagub Jateng di Solo dia nilai tidak tertib karena dipasang tepat di samping sekolah.

“Kami prihatin dengan kondisi wilayah Serengan yang penuh dengan spanduk gambar cagub Jateng. Pemasangan spanduk tidak hanya di jalan utama, tetapi juga sudah masuk ke jalan kampung,” kata warga Jayengan tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini

Setahun Lebih Pandemi Covid-19, Ini Hambatan Terberat Bagi Nakes Solo

Para tenaga kesehatan atau nakes di Kota Solo menghadapi banyak tantangan dan hambatan dalam menangani kasus Covid-19 selama pandemi.

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.