Sekretaris KPU Sukoharjo, Suhadi (kiri), mengecek tumpukan karsus berisi tinta Pilgub Jateng 2018, Jumat (18/5/2018). (Solopos-Trianto Hery Suryono)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menyiapkan tenaga musiman dari kalangan warga untuk melipat surat suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng, 27 Juni mendatang.

Sebanyak 50 orang sudah didata dan tinggal menunggu surat suara yang dijadwalkan datang pada 22 Mei. Pada Pilgub ini, KPU Sukoharjo akan mendapat kiriman surat suara dari KPU Jateng sebanyak 669.781 lembar terdiri atas 653.791 lembar sesuai daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2,5% atau 15.990 lembar untuk cadangan.

“Pekerjaan melipat surat suara akan dilaksanakan di pendapa Kantor KPU Sukoharjo. Sampai hari ini [Jumat], logistik Pilgub  yang tersedia ada kotak suara, bilik suara, dan tinta,” ungkap Sekretaris KPU Sukoharjo, Suhadi, ditemui di kantornya, Jumat (17/5/2018).

Menurutnya, tinta yang dikirim rekanan KPU Jateng sampai di KPU Sukoharjo pada Kamis (17/5/2018). Masing-masing tempat pemungutan suara [TPS] akan mendapatkan dua botol. Jumlah TPS di Sukoharjo sebanyak 1.353 TPS sehingga jumlah tinta sebanyak 2.806 botol. "Logistik disediakan KPU Jateng dan sebagian KPU Sukoharjo. KPU Sukoharjo menyediakan logistik peralatan dan perlengkapan TPS,” jelasnya.

Logistik yang menjadi kewenangan KPU Sukoharjo  di antaranya sampul kubus, sampul biasa, sampul kecil untuk anak kunci, paku alat coblos, bantalan pencoblosan, karet pengikat, lem perekat, kantong plastik, pulpen tinta warna biru, spidol tinta warna biru, gembok dan anak kunci, tali penyikat paku, stiker, label kotak suara dan penggandaan surat pemberitahuan pemilih dan penggandaan DPT.

Komisioner KPU Sukoharjo Divisi Logistik, Nuril Huda, menambahkan telah mengecek rekanan penyedia logistik Pilgub Jateng bersama anggota Panwaslu Sukoharjo Eko Budiyanto dan personel kepolisian.

Logistik berupa kelengkapan dan peralatan TPS tersebut diharapkan sudah dikirim ke KPU Sukoharjo pada 26 Mei sehingga bisa langsung dipilah-pilah. Pengiriman logistik itu bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Sukoharjo.

Tahapan pengiriman logistik dijadwalkan 22-24 Juni untuk pengiriman ke PPK, 25-26 Juni ke PPS, dan 26 Mei sore, semua logistik sudah berada di masing-masing TPS.

"Rencananya ada dua jalur distribusi logistik yaitu jalur utara dan jalur selatan,” jelasnya.

Menurutnya, rekanan sudah menyatakan sanggup mengirimkan logistik pada 26 Mei. Anggota Panwaslu Sukoharjo Divisi Penindakan dan Pelanggaran Eko Budiyanto mengapresiasi kinerja KPU Sukoharjo.

“Sampai sekarang dalam hal logistik, KPU [Sukoharjo] masih transparan dengan selalu menginformasikan kepada kami tentang jumlah dan informasi logistik. Panwaslu sendiri juga selalu proaktif mengawasi di setiap tahapan, termasuk kedatangan logistik berupa tinta pada Kamis lalu,” jelasnya.



Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten