SOLOPOS.COM - Marzuki Alie (Foto: Dokumentasi)

Marzuki Alie (Foto: Dokumentasi)

JAKARTA– Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Marzuki Alie, Sabtu (8/9/2012), menilai, ada enam kegagalan Joko Widodo yang akrab disapai Jokowi dalam memimpin Kota Solo yang berpenduduk 559.000.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

  • Pertama, kata Marzuku, Jokowi dinilai gagal mengatasi masalah banjir karena setiap tahun kota Solo dilanda banjir. “Kota Solo setiap tahun mengalami banjir, bahkan rumah walikota sendiri ikut terkena kebanjiran,” kata Marzuki kepada Antara, Jakarta, Sabtu.
  • Kedua, kata Ketua DPR, Jokowibelum bisa mengatasi kepadatan dan kemacetan yang disebutnya terjadi di kota Solo. “Kota Solo menjadi kota macet, ternyata Jokowi tak punya konsep transportasi. Jadi bagaimana mau menyelesaikan masalah kemacetan di Jakarta?” kata Marzuki.
  • Ketiga, Marzuki menuduh Jokowi terlilit kasus dugaan manipulasi perjalanan dinas Pemkot Solo.
  • Keempat, pembangunan Gapura Makutha di Kota Solo tak kunjung selesai dan terbengkalai selama 1,5 tahun. “Pembangunan gapura belum selesai. Sangat susah membayangkan bagaimana mau bangun underpass, flyover atau bahkan MRT atau subway,” kata Marzukie.
  • Kelima, Marzuki menilai Joko belum bisa mengatasi masalah sampah di kota yang dipimpinpinya itu. “Solo saat ini memiliki masalah sampah, sistem pengelolaan masih tradisional dan belum ada solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah sampah tersebut oleh Jokowi,” sebut dia.
  • Terakhir, kata Marzuki, tingkat angka kemiskinan di Kota Solo terus meningkat dan Jokowi belum mampu mengatasi soal ini. “Tingkat kemiskinan kota Solo terus naik sejak dipimpin Jokowi,” pungkas Marzuki tanpa menyebutkan jumlah angka kemiskinan di Solo.

Pilkada Jakarta putaran kedua akan berlangsung pada 20 September 2012. Dua pasang kandidat maju ke putaran kedua ini, yaitu Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar, PKS, PPP, PKB, PAN, menghadapi Jokowi-Basuki yang diusung PDI Perjuangan dan Gerindra.

Awal Agustus lalu, Joko Widodo terpilih sebagai salah satu penerima penghargaan Best City Award dalam Konferensi Partnership for Democratic Local Governance in Southeast Asia di Bangkok, Thailand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya