SOLOPOS.COM - Jokowi-Ahok (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Jokowi-Ahok (JIBI/SOLOPOS/Antara)

SOLO--Menjelang coblosan Pilgub DKI putaran dua, Komunitas Baju Kotak-Kotak Solo akan menggelar ritual lodeh podomoro. Sementara, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo bakal mengadakan doa bersama sebagai wujud dukungan Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi), maju sebagai calon gubernur pada putaran ketua Pilkada DKI.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Komunitas Baju Kotak-Kotak Solo, YF Sukasno, menuturkan ritual tersebut dimaksudkan untuk mendoakan agar proses Pilkada DKI berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu, ritual tersebut juga dilakukan guna mendoakan Jokowi bisa memenangkan Pilkada DKI. “Semoga getaran doa dari sini bisa dirasakan di Jakarta,” ungkapnya.

Dijelaskan Sukasno, acara tersebut akan digelar di Monumen Juang 45, Banjarsari, Kamis (20/9/2012) pagi sebelum proses Pilkada DKI berlangsung. Ritual yang dimaksud yakni pembacaaan doa yang akan dipimpin oleh seorang ustaz kemudian dilanjutkan dengan makan sayur lodeh bersama.

Sayur lodeh podomoro, dalam kebudayaan Jawa memiliki filosofi khusus. Di setiap hajatan yang digelar masyarakat Jawa, sayur lodeh podomoro menjadi sajian utama. Harapannya, hajatan tersebut didatangi masyarakat.

“Tradisi ini sudah berlangsung sudah sejak lama di masyarakat Jawa,” katanya.

Sementara, Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, menjelaskan doa bersama tersebut bakal digelar di sekretariat DPC PDIP, Brengosan, Laweyan, Selasa (18/9/2012). “Sebagai bentuk dukungan, DPC akan mengadakan doa bersama,” katanya kepada wartawan, Selasa (18/9/2012).

Ditambahkannya, selain mengadakan doa bersama, pada Kamis (20/9/2012), mendatang DPC PDIP juga bakal menggelar nonton bareng proses Pilkada DKI serta penghitungn quick count.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya