SOLOPOS.COM - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok.org)

Pilgub DKI Jakarta kini dibumbui isu penggusuran Kampung Luar Batang. Ahok membantah akan menggusur masjid Luar Batang.

Solopos.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menuturkan akan membangun penahan tanah atau sheet pile di kawasan Kampung Luar Batang, Jakarta Utara. Hal itu menegaskan bahwa dirinya tak akan menggusur Masjid Luar Batang yang menjadi isu panas akhir-akhir ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, Ahok segera menggusur rumah warga yang masih bertahan di bantaran sungai di kawasan tersebut. “Kalau rumah warga yang dibangun di atas sungai laut, pasti kami gusur, karena dari zaman dulu tidak ada orang bangun di atas laut,” kata Ahok di Jakarta Utara, Selasa (29/3/2016), dilaporkan Bisnis/JIBI.

Ahok menjamin tak akan menggusur rumah yang berada jauh dari bantaran sungai lantaran sudah memiliki sertifikat resmi. Selain itu, Ahok juga tak akan menggusur rumah ibadah, seperti Masjid Luar Batang. Pasalnya, masjid tersebut merupakan cagar budaya.

“Justru nanti Masjid Luar Batang jadi cantik. Jadi kamu kalau lihat dari laut lewat Sunda Kelapa, dari museum, bisa langsung lihat Masjid Luar Batang,” katanya.

Ahok mengatakan, eksekusi penggusuran dilakukan pertengahan April 2016 ini. Setelah digusur, dia akan membangun penahan tanah agar pompa air di kawasan Pasar Ikan dapat steril dari air laut. Ahok pun mendesak agar semua pihak tidak bermain fitnah hanya untuk mengarahkan situasi tertentu di suasana Pilgub DKI Jakarta 2017.

“Jadi kalau ada yang bilang, Bang Yusril [Ihza Mahendra bakal calon gubernur DKI] bilang saya mau gusur makam dan masjid, itu fitnah,” kata Ahok seperti dikutip Solopos.com dari Detik.

“Tapi itu, aduh, Pilkada ini kadang-kadang, saya kasihan tahu enggak! Jadi orang mau jadi gubernur, mau nantang saya, harus memikirkan program. Jangan setiap hari cuma memikirkan bagaimana mengalahkan Ahok pakai fitnah-fitnah. Kasihan,” keluh Ahok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya