SOLOPOS.COM - Ridwan Kamil foto bareng Melody JKT48. (Istimewa/Instagram)

Pilgub DKI Jakarta tak akan diwarnai majunya Ridwan Kamil. Gerindra pun mengaku sudah siap kehilangan satu nama potensial.

Solopos.com,JAKARTA — Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, memutuskan untuk tidak mencalonkan diri sebagai calon Gubenur DKI Jakarta yang akan maju di Pilkada Jakarta 2017 mendatang. Kabar tersebut lantas menuai tanggapan dari politikus Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya keputusan tersebut adalah hak pribadi dari Emil–sapaan akrab Ridwan Kamil. Meski demikian, anggota Komisi III DPR itu mengatakan bahwa partainya akan memilih pengganti Ridwan Kamil untuk melawan kandidat incumbent dalam Pilgub DKI Jakarta.

“Itu hak pribadi dari Pak Ridwan Kamil untuk memilih pengabdian di DKI atau Jabar. Secara psikologis, mungkin Pak RK masih merasa ada hutang di Bandung dan juga harapan warga Jabar cukup besar terhadap beliau. Kami dari Gerindra, kami punya sikap dalam menyikapi perkembangan ini. Sudah dari jauh hari kami mempersiapkan untuk menghadapi Pilkada DKI,” kat Sufmi di Kompleks Parlemen, Senin (29/2/2016).

Menurut Sufmi, Garindra menyadari bahwa batalnya pencalonan Ridwan Kamil berarti berkurang satu orang yang mampu bersaing dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang elektabilitasnya masih di puncak survei. Namun, partainya sudah siap dengan kemungkinan tersebut. Baca juga: Surat Terbuka Ridwan Kamil: dari Sentimen “Pribumi”, Nafsu Pilkada, hingga Jomblo.

“Itu berarti menghilangkan salah satu kandidat yang menurut kami mampu bersaing dengan incumbent. Tapi kita sudah berjaga, kita juga akan memersiapkan pesaing atau lawan yang setara sama bagusnya biar rakyat Jakarta ada pilihan selain incumbent. Siapa? Masih rahasia,” tuturnya.

Dasco juga mengatakan bahwa partainya tidak merasa kecewa atas keputusan walikota Bandung itu. “Enggak kecewa juga, karena pengurus Gerindra di Bandung dan Jabar bilang kita masih sangat dibutuhkan di Bandung dan Jabar. Gerindra tetap siap menghadapi pilgub DKI,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya