SOLOPOS.COM - Petugas menyiapkan bilik suara di tempat pemungutan suara Balai Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Selasa (18/12). Pemilihan kepada desa (Pilkades) Kabupaten Wonogiri diikuti 194 calon kepala desa (kades) dari 87 desa. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Petugas menyiapkan bilik suara di tempat pemungutan suara Balai Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Selasa (18/12). Pemilihan kepada desa (Pilkades) Kabupaten Wonogiri diikuti 194 calon kepala desa (kades) dari 87 desa. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

WONOGIRI-Beberapa calon tunggal dalam pemilihan kepala desa (pilkades) tahap III ini optimis untuk menang. Walaupun kekhawatiran untuk kalah tetap ada.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Seperti yang diungkapkan calon Kepala Desa (Kades) di Desa Bulusulur, Dwi Prasetyo, saat ditemui Espos di Balai Desa Bulusulur, seusai penyampaian visi dan misi, Selasa (18/12/2012).

“Rasa takut kalah pasti ada, karena saya hanya calon tunggal. Tapi, saya sudah niat. Jadi, saya siap menang atau kalah,” katanya.

Ia berani menyalonkan diri menjadi kepala desa karena warga mendukungnya untuk mencalonkan kembali. Pihaknya tidak ingin memaksa warga. Tapi, saat ia masih menjabat menjadi kades di desa tersebut, ia berpesan agar warga ikut menyukseskan pemilihan kepala desa. Selain itu, ia juga berpesan agar warga tetap memberikan aspirasinya walaupun ada beberapa calon atau hanya satu calon kades.

“Pemilihan kali ini juga menjadi tolok ukur untuk kinerja saya. Jika saya terpilih kembali, maka kinerja saya selama ini disukai warga,” imbuhnya. Ini merupakan kali kedua ia mengikuti pilkades dari periode sebelumnya pada 2007-2012. Dari kinerja sebelumnya, ia menyatakan kinerja dalam rehab rumah dan MCK masih kurang maksimal. Jika ia terpilih kembali, ia akan berusaha menyelesaikan masalah itu. Selain itu, juga penyelesaian rabat jalan penghubung desa yang saat ini baru 70%.

Kades Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Teguh Subroto, juga menyatakan hal serupa. Ia juga optimis bisa terpilih kembali. “Saya optimis bisa terpilih kembali. Tapi, saya kembalikan ke warga. Saya siap menang atau kalah. Pilkades ini sebagai cerminan warga dalam menilai kinerja saya,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Di sisi lain, Camat Wonogiri, Slameto Sudibyo, mengimbau agar masyarakat memberikan hak pilihnya walaupun di tiga desa di Kecamatan Wonogiri semuanya merupakan calon tunggal. “Semua warga harus menyukseskan pilkades ini. Aspirasi harus tetap dijalankan walaupun ada beberapa calon maupun hanya satu orang calon kades,” katanya saat dijumpai Espos saat di Balai Desa Bulusulur, Selasa.

Dari data di Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Wonogiri, ada 28 orang calon tunggal dan 19 orang di antaranya merupakan mantan kades yang mencalonkan kembali. Sedangkan jumlah total calon kades pada pilkades tahap III ini ada 194 orang di 87 desa pada 24 kecamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya