Piknik Yuk! Ini Objek Wisata di Ambarawa yang Seru

Berikut daftar tempat wisata di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), yang layak dikunjungi untuk liburan.

 Benteng Fort Willem I atau yang populer dikenal dengan nama Benteng Pendem, merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Ambarawa, Kabupaten Semarang. (jatengprov.go.id)

SOLOPOS.COM - Benteng Fort Willem I atau yang populer dikenal dengan nama Benteng Pendem, merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Ambarawa, Kabupaten Semarang. (jatengprov.go.id)

Solopos.com, UNGARAN — Ambarawa merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Ambarawa juga memiliki sederet destinasi atau tempat wisata yang cukup menarik dan layak dikunjungi.

Lokasi Ambarawa sebenarnya cukup strategis. Wilayah ini merupakan jalur perlintasan dari arah Yogyakarta menuju Semarang.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Selain itu, Ambarawa juga merupakan daerah yang memiliki banyak cerita bersejarah. Bahkan di Ambarawa tidak hanya terdapat banyak lokasi wisata, tapi juga situs-situs bersejarah seperti Monumen Palagan Ambarawa, Museum Kereta Api, hingga Benteng Willem I atau yang familiar dikenal sebagai Benteng Pendem Ambarawa.

Selain itu, di sekitar wilayah Ambarawa seperti di Kecamatan Bawen dan Bandungan juga banyak terdapat tempat-tempat wisata yang menarik. Oleh karena itu, tak salah jika Ambarawa menjadi salah satu daerah favorit yang patut dikunjungi saat menghabiskan waktu liburan.

Berikut daftar tempat wisata di Ambarawa dan sekitarnya:

Baca juga: Lapas Ambarawa Bakal Direlokasi, Ini Lokasi Barunya

1. Benteng Willem I atau Benteng Pendem

Benteng Willem I atau Benteng Pendem merupakan salah satu situs bersejarah di Ambarawa. Benteng peninggalan Belanda ini hingga kini masih kokoh berdiri di tengah persawahan Desa Lodoyong RT 007/RW 003.

Untuk menuju benteng ini, pengunjung bisa mengambil jalur lingkar Ambarawa atau dekat RSUD dr. Gunawan Mangunkusumo. Cirinya, ada gapura bewarna kuning. Dari Kota Semarang menuju Benteng Pendem Ambarawa ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dengan menggunakan sepeda motor. Jika dengan mobil, tentunya waktu tempuh lebih cepat karena melalui tol.

2. Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa dibuat untuk mengenang sejarah pertempuran Palagan Ambara pada 12-15 Desember 1945. Monumen ini terletak di Jalan Mgr. Soegiyapranata, Panjang Lor, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Museum ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Ambarawa. Di museum ini, pengunjung bisa menemukan berbagai koleksi senjata, kendaraan tempur, pakaian dan barang lain yang dipergunakan dalam Pertempuran Ambarawa.

3. Museum Kereta Api

Destinasi wisata lainnya di Ambarawa adalah Museum Kereta Api. Museum Kereta Api ini terletak di Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Museum ini dulunya merupakan Stasiun Willem I yang dibangun pada 1873. Namun sejak tahun 1978, stasiun kereta api yang menghubungkan jalur Yogyakarta-Magelang-Semarang ini ditutup dan dialihfungsikan sebagai museum.

Di Museum Kereta Api Ambarawa ini pengunjung bisa mengetahui sejarah perkeretaapian Indonesia. Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan koleksi sejumlah lokomotif yang pernah digunakan di Indonesia pada zaman dulu.

Tak hanya itu, di Museum Kereta Api Ambarawa pengunjung juga bisa merasakan sensasi naik kereta api tempo dulu melalui paket perjalanan kereta api wisata yang disediakan pihak pengelola.

4. Bukit Cinta Rawa Pening

Secara administrasi, Bukit Cinta Rawa Pening memang tidak berada di Kecamatan Ambarawa. Bukit Cinta Rawa Pening berada di wilayah Kecamatan Banyubiru yang lokasinya cukup dekat dengan Ambarawa.

Di bukit ini, pengunjung bisa menyaksikan panorama Rawa Pening yang elok. Selain itu, bukit ini juga ditumbuhi hutan pinus yang terawat, sehingga akan menyajikan suasana yang sejuk dan teduh.

Pengunjung juga bisa duduk bersantai menikmati Rawa Pening yang memiliki air yang jernih. Bisa juga menyewa perahu yang berlayar di atas rawa, tempat memancing, dan juga taman bermain anak.

Untuk masuk ke lokasi wisata ini, pengunjung hanya dikenai tarif Rp6.000 di hari biasa, dan Rp7.500 saat weekend.

5. Dusun Semilir

Dusun Semilir juga tidak berada di wilayah Kecamatan Ambarawa. Meski demikian, objek wisata ini sangat layak dikunjungi saat berkunjung ke Ambarawa karena lokasinya yang cukup berdekatan.

Dusun Semilir yang berada di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang ini menyajikan nuansa alam pedesaan yang asri dengan fasilitas yang lengkap.

Di sini, pengunjung juga bisa berbelanja berbagai oleh-oleh dan kerajinan khas daerah.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      + PLUS Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      Karya seni rupa—mayoritas lukisan—dipamerkan dan diperjualbelikan bersama barang-barang antik, unik, langka, dan klasik di Rumah Banjarsari, Jl. Syamsyurizal Nomor 10, Setabelan, Banjasari, Kota Solo, Jawa Tengah.

      Berita Terkini

      Wow! Pemuda Semarang Ternak Emprit, Harganya Capai Rp10 Juta Per Pasang

      Pemuda asal Kota Semarang membudidayakan burung emprit yang harganya mencapai Rp10 juta per pasang.

      Siswa SMK Semarang yang Terseret Ombak di Parangtritis Belum Ketemu

      Seorang siswa SMK Kartini Semarang yang terseret ombak di Pantai Parangtritis belum ditemukan sampai sekarang.

      Komunitas Sepeda dan Satlantas Grobogan Gelar Detik-Detik Proklamasi

      Komunitas sepeda tua, Satlantas Polres Grobogan dan warga menggelar upacara bendera Detik-Detik Proklamasi di sejumlah ruas jalan.

      Mobil di Grobogan Terbakar, Pemilik Mengalami Luka Bakar

      Satu unit mobil terbakar di Dusun Demangan, Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Rabu (17/8/2022). Satu orang menderita luka bakar.

      HUT Ke-77 RI, 184 Narapidana Lapas Purwodadi Terima Remisi Umum

      Kemenkum HAM memberikan remisi umum dalam rangka HUT-77 RI kepada 184 narapidana Lapas Kelas II B Purwodadi.

      Siswi SMA N 2 Kudus Jadi Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI di Istana

      Siswi SMA N 2 Kudus, Jawa Tengah, I Dewa Ayu Firsty menjadi pembawa bendera merah putih dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). 

      Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini, Cerah Berawah di Hari Kemerdekaan

      Berikut prakiraan cuaca di Semarang pada hari ini, Rabu (17/8/2022) atau bertepatan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Unik! Malam Tirakatan di Purworejo, Warga Malah Diajak Bayar PBB

      Warga Parikesit, Kelurahan Pangenjuru Tengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, memiliki cara unik melaksanakan malam tirakatan memperingati HUT ke-77 RI, Selasa (16/8/2022).

      Kronologi Pengeroyokan yang Sebabkan Pemuda di Kendal Meninggal

      Berikut kronologi pengeroyokan yang menyebabkan seorang pemuda di Desa Plantaran, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, meninggal dunia.

      PHMI Ingin Ekspansi ke Jateng, Ini Misi yang Diusung

      Perkumpulan Hotel dan Media Indonesia atau PHMI berencana melakukan ekspansi atau melebarkan sayapnya di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

      Pelajar SMK Semarang Terseret Ombak Parangtritis, Begini Kata Orang Tua

      Pelajar SMK di Semarang terseret ombak saat berwisata di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

      Galau Kena Tilang, Pemuda di Semarang Letakkan Sabu-Sabu di Pos Polisi

      Aparat Polrestabes Semarang menangkap seorang pemuda yang berniat meletakkan narkoba jenis sabu-sabu di dekat Pos Polisi Bangkok, Jalan M.T. Haryono.

      Unik, Petugas Satpas SIM Polres Grobogan Pakai Baju Adat dan Pejuang

      Merayakan HUT ke-77 RI, petugas layanan SIM Satlantas Polres Grobogan kenakan baju adat dan pejuang, Selasa (16/8/2022).

      Wow! HUT ke-77 RI, Warga Kudus Bentangkan Bendera Merah Putih 1,44 Km

      Bendera Merah Putih sepanjang 1,44 km terbentang di jalan Desa Honggosoco, Kudus, untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Terinspirasi Jokowi, Ganjar Akan Kenakan Baju Adat saat Upacara HUT RI

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku terkesima dengan baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi saat mengikuti Sidang Tahunan MPR.