SOLOPOS.COM - Benteng Fort Willem I atau yang populer dikenal dengan nama Benteng Pendem, merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Ambarawa, Kabupaten Semarang. (jatengprov.go.id)

Solopos.com, UNGARAN — Ambarawa merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Ambarawa juga memiliki sederet destinasi atau tempat wisata yang cukup menarik dan layak dikunjungi.

Lokasi Ambarawa sebenarnya cukup strategis. Wilayah ini merupakan jalur perlintasan dari arah Yogyakarta menuju Semarang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain itu, Ambarawa juga merupakan daerah yang memiliki banyak cerita bersejarah. Bahkan di Ambarawa tidak hanya terdapat banyak lokasi wisata, tapi juga situs-situs bersejarah seperti Monumen Palagan Ambarawa, Museum Kereta Api, hingga Benteng Willem I atau yang familiar dikenal sebagai Benteng Pendem Ambarawa.

Selain itu, di sekitar wilayah Ambarawa seperti di Kecamatan Bawen dan Bandungan juga banyak terdapat tempat-tempat wisata yang menarik. Oleh karena itu, tak salah jika Ambarawa menjadi salah satu daerah favorit yang patut dikunjungi saat menghabiskan waktu liburan.

Berikut daftar tempat wisata di Ambarawa dan sekitarnya:

Baca juga: Lapas Ambarawa Bakal Direlokasi, Ini Lokasi Barunya

1. Benteng Willem I atau Benteng Pendem

Benteng Willem I atau Benteng Pendem merupakan salah satu situs bersejarah di Ambarawa. Benteng peninggalan Belanda ini hingga kini masih kokoh berdiri di tengah persawahan Desa Lodoyong RT 007/RW 003.

Untuk menuju benteng ini, pengunjung bisa mengambil jalur lingkar Ambarawa atau dekat RSUD dr. Gunawan Mangunkusumo. Cirinya, ada gapura bewarna kuning. Dari Kota Semarang menuju Benteng Pendem Ambarawa ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dengan menggunakan sepeda motor. Jika dengan mobil, tentunya waktu tempuh lebih cepat karena melalui tol.

2. Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa dibuat untuk mengenang sejarah pertempuran Palagan Ambara pada 12-15 Desember 1945. Monumen ini terletak di Jalan Mgr. Soegiyapranata, Panjang Lor, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Museum ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Ambarawa. Di museum ini, pengunjung bisa menemukan berbagai koleksi senjata, kendaraan tempur, pakaian dan barang lain yang dipergunakan dalam Pertempuran Ambarawa.

3. Museum Kereta Api

Destinasi wisata lainnya di Ambarawa adalah Museum Kereta Api. Museum Kereta Api ini terletak di Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Museum ini dulunya merupakan Stasiun Willem I yang dibangun pada 1873. Namun sejak tahun 1978, stasiun kereta api yang menghubungkan jalur Yogyakarta-Magelang-Semarang ini ditutup dan dialihfungsikan sebagai museum.

Di Museum Kereta Api Ambarawa ini pengunjung bisa mengetahui sejarah perkeretaapian Indonesia. Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan koleksi sejumlah lokomotif yang pernah digunakan di Indonesia pada zaman dulu.

Tak hanya itu, di Museum Kereta Api Ambarawa pengunjung juga bisa merasakan sensasi naik kereta api tempo dulu melalui paket perjalanan kereta api wisata yang disediakan pihak pengelola.

4. Bukit Cinta Rawa Pening

Secara administrasi, Bukit Cinta Rawa Pening memang tidak berada di Kecamatan Ambarawa. Bukit Cinta Rawa Pening berada di wilayah Kecamatan Banyubiru yang lokasinya cukup dekat dengan Ambarawa.

Di bukit ini, pengunjung bisa menyaksikan panorama Rawa Pening yang elok. Selain itu, bukit ini juga ditumbuhi hutan pinus yang terawat, sehingga akan menyajikan suasana yang sejuk dan teduh.

Pengunjung juga bisa duduk bersantai menikmati Rawa Pening yang memiliki air yang jernih. Bisa juga menyewa perahu yang berlayar di atas rawa, tempat memancing, dan juga taman bermain anak.

Untuk masuk ke lokasi wisata ini, pengunjung hanya dikenai tarif Rp6.000 di hari biasa, dan Rp7.500 saat weekend.

5. Dusun Semilir

Dusun Semilir juga tidak berada di wilayah Kecamatan Ambarawa. Meski demikian, objek wisata ini sangat layak dikunjungi saat berkunjung ke Ambarawa karena lokasinya yang cukup berdekatan.



Dusun Semilir yang berada di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang ini menyajikan nuansa alam pedesaan yang asri dengan fasilitas yang lengkap.

Di sini, pengunjung juga bisa berbelanja berbagai oleh-oleh dan kerajinan khas daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya